BAB I
1.1 LATAR BELAKANG PEMILIHAN USAHA
Dalam dunia bisnis pengetahuan manajemen dan keuangan sangatlah dibutuhkan dimana itu
merupakan "sisi lain" dari sebuah kewirausahaan Di era globalisasi
ini, hampir semuanya dimanjakan dengan produk instan dan kemudahan komuniasi
lewat sosial media yang bisa dikatakan tanpa batas jarak, ruang dan waktu
manusia bisa berinteraksi denagn siapaun dimanapun dan kapanpun.
Saat ini setiap orang ingin
memiliki akses kemudahan dalam pemenuhan kebutuhannya masing masing. Dan
pastinya bisa didapatkan secara baik, cepat, tepat, optimal, efektif, efisien
dan sempurna pastinya. Sehingga peluang memasarkan dan mengelola masyarakat
untuk menjadi target pasar adalah elemen penting dalam mengelola produk JASA,
dan hampir setiap pebisnis merasa karyanya atau usahanya adalah kekuatan
marketing untuk membuka usaha sehingga bisa menarik pelanggan datang membeli. Karena point itulah kenapa
dibutuhkan seorang ahli dan sarana yang terbaik untuk mewujudkan itu semua,
salah satunya adalah dengan jasa fotografi dan desain grafis modern yang akan
saya rintis ini.
Disinilah saya melihat peluang emas untuk memulai usaha membuka jasa
fotografi untuk membantu setiap orang dalam proses pengabadian kenangan yang
mereka miliki dan sekaligus menyediakan jasa desain grafis yang dibutuhkan
hampir setiap orang dalam banyak hal seperti desain katu nama, undangan,
advertising dan lain sebagainya. Dalam hal ini saya memanfaatan Teknologi dan
komunikasi lewat jaringan sosial media yang ada saat ini untuk mendukung
kelangsungan usaha yang saya rintis ini.
All about us KAZURIE FOTOGRAFI & PROFESSIONAL DESAIN GRAFIS adalah sebuah nama yang kami ambil untuk
menjadi brand bisnis kami untuk mencoba memulai bisnis dan membuka lapangan
kerja dalam bidang fotografi . kazurie fotografi adalah usaha yang akan kami
rintis ini, berkosentrasi di sekitar dunia fotografi dan desain grafis serta
produksi media cetak sebagai media promosi. Di dalam HIQARI ini kami merangkai
semua karakter dan idealisme dalam seni untuk memberikan hasil yang terbaik
untuk pelanggan. Terutama dalam bilang jasa kami.
Oleh karena itu diperlukan tenaga ahli dan
team creative yang dapat membantu saya dalam kelancaran kegiatan
tersebut berjalan sesuai rencana, terutama dalam proses vital bagi kelangsungan
acara yang di adakan oleh personal/ perusahaan / instansi / lembaga anda.
Dengan perkembangan zaman saat ini segala menjadi mungkin salah satunya
memanfaatkan Teknologi informasi maka proses tersebut dapat dilakukan dengan
lebih cepat. Sehubungan dengan itu menurut saya jasa FOTOGRAFI & DESAIN
GRAFIS PROFESIONAL yang kami buat khusus
untuk memenuhi kebutuhan personal/ perusahaan / instansi / lembaga adalah salah
satu bisnis yang berprospek bagus. Dimana usaha ini bisa bekerja sama dengan
banyak pihak seperti wedding & event organizer, perusahaan iklan, majalah,
koran dan lain sebagainya.
1.2 KLASIFIKASI JASA
Produk jasa yang kami pilih ini jenisnya adalah
produk jasa murni dimana hampir seluruhnya berupa jasa yakni fotografi dan
desain grafis . Dalam hal ini produk jasa yang kami pilih ini masuk dalam
kategori mixed service yakni kombinasi atau gabungan antara pure service dan
quasi manufacturing yaitu jasa fotografi dan desain grafis. Jasa ini tergolong
dala tingkat kontak menengah (moderat contact).
1.3 KARAKTERISTIK JASA
Jasa fotografi dan
desain grafis yang kami pilih ini memiliki bebrapa karakteristik yang berbeda,
dimana setiap jenis produk yang kami sediakan tidak memiliki kesamaan
karakteristik. Beberapa karakteristik itu adalah sebagai berikut
·intangibility atau tidak berwujud dimana produk yang disediakan tidak dapat
di cium, diraba dirasa di dengar sebelum jasa ini di beli. Poin penting yang
terkandung dalam produk jasa kami ini adalah kwalitas dan kepuasan pelayanan
serta hasil optimal dari produk.
·Heterogeinity, yakni kwalitas produk dari jasa kami ini tergantung dari
kemampuan sumber daya manusia dan unsur lain yang terlibat. Jadi sulit mengukur
sejauh mana bagus tidaknya hasil ada.
·Inseparatibility, dimana jasa ini melibatkan konsumen secara langsung dan
sangat interaktif.
BAB II
PEMASARAN RELATIONAL DALAM PEMASARAN JASA
NO
|
KONSEP
|
FOKUS
|
ANGGAPAN
|
1.
|
PRODUKSI
|
Menjamin kwalitas dan kepuasan pelayanan dan Menekan biaya operasinal
|
Dengan jaminan mutu dan kepuasan konsumen merupakan kunci keputusan pembelian
dan loyalitas pelanggan.
|
2.
|
PRODUK
|
DIFERENSIASI PRODUK
(teori konsep penjualan phillip kotler)
|
Tawaran pebisnis terhadap pasar dapat dideferensiasikanmenjadilima
dimensi:
1.produk (bentuk, fitur, mutu kerja, mutu kesesuaian terhadap standar
atau spesifikasi, daya tahan, keandalan, kemudahan perbaikan, gaya,
rancangan),
2. pelayanan (kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan
pelanggan, konsultasi pelanggan, pemeliharaan dan perbaikan, pelayanan
lain-lain),
3. personalia, saluran pemasaran atau citra (lambang, media, suasana, dan
event).
Sehingga perbedaaan itu pentingdilakukan
untuk membangun citra yang
khas, unggul, komunikatif, terhindari dari peniruan, terjangkau
harganya, dan menguntungkan.
Dalam konsep deferensiasi jasa kami ini diharapkan bisa menyediakan
berbagai pilihan paket jasa yang sesuai dengan budget dan kebutuhan pelanggan
entah dalam bidang fotografi maupun desain grafis.
|
3.
|
PENJUALAN
|
EKSPANSI PASAR (membuka cabang baru)
|
·Membangun jaringan dan
bergabung dalam berbagai komunitas
·Membuat brosur dengan
disertakan nya gambar contoh , list harga jasa, dan kata-kata yang dapat
menarik perhatian pembeli.
·iklan Melalui jejaring
social. Seperti Facebook, Twiiter, • Membuat workshop agar customer
mengetahui bagaimana jasa yang kita ditawarkandan bisa debeli.
|
4.
|
PEMASARAN
|
KWALITAS &KEPUASAN PELANGGAN
yakni memberikan kepuasan yang diinginkan secara efektif dan efisien di
tambah garansi jaminan mutudibandingkan produk pesaing
|
Melayani konsumen denganterampil dalam mengelola permintaan, berusaha
untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan. Untuk melakukan
itukami harusmenghadapi sekelompok keputusan, mulai dari yang besar seperti
ciri apa yang seharusnya dimiliki sebuah produkyang berkwalitassampai ke hal
yang kecil seperti strategi membership untuk potongan harga, sehingga jasa
ini bisa dibingkai secara unik dan menarik hati konsumen untuk mencoba
membeli dan bertahan untuk loyal.
|
5.
|
PEMASARAN SOSIAL
|
KESEJAHTERAAN LINGKUNGN DAN KEPUASAN KONSUMEN
|
Jasa dengan kwalitas bagus dan harga yang bersaing memicu konsumen untuk
membeli secara sustainable atau berkelanjutan karena merasa kepuasan dalam
pembelian
|
6.
|
PELANGGAN
|
LOYALITAS &PLC
diamana 2 hal ini sangat harus di perhatikan untuk memenuhi kebutuhan
individual para pelanggan spesifik dan bertujuan membangun kesetiaan dan
nilai selama masa hidup pelanggan.
|
Dalam hal ini kami diharuskan untuk menyeimbangkan tiga pertimbangan
yakni
1. laba/ keuntungan usaha untuk pengembalian modal awal dan biaya
operasional perusahaan kedepannya.
2. pemuas keinginankonsumen dengan kwalitas terbaik merupakan poin utama
penjualan jasa ini untuk menjaga loyalitas konsumen.
3. kepentingan publicsama halnya
dengan investasi masa depan usaha ini yakni bisa memberikan kontribusi
positif terhadap lingkungan masyarakat. Entah itu dalam bentuk workshop atau pelatihan dan
pembinaan dsb.
|
Untuk keberhasilan bisnis jasa ini, kami mencoba konsep
pemasaran relasional dimana berfokus menjaga loyalitas pelanggan yang ada guna
menciptakan sebuah nilai kerjasama jangka panjang antar pebisnis dan
konsumennnya. Yang dimaksudkan dengan menjaga konsumen yang telah loyal ini
yakni diharapkan konsumen ini dimasa datang bisa memberitahukan atau
menyebarkan hasil jasa kami ini kepada orang lain atau masyarakat lingkungan
sekitarnya. Orientasi bisnis jasa yang kami rintis ini lebih menekankan
kepada manfaat jasa yang dibutuhkan konsumen entah itu pemanfaatan dalam bidang
bisnis, atau pemanfaatan pribadi. Seperti jasa fotografer wedding event’s,
iklan dsb. Produk jasa kami ini bisa dinikmati
seumur hidup dengan catatan terawat dengan baik. Tidak ada batas kadaluarsanya
akan teetapi bisa terjadi kerusakan jika dilakukan dengan sengaja.
Semua aspek yang
terlibat dalam bisnis ini mencurahkan dedikasinya untuk memberikan kwalitas dan
kepuasan terhadap pelanggannya. Selain itu kami juga berani memberikan garansi
untuk memberikan hasil yang terbaik dari karya produk jasa kami. Dan kami
berkomitmen menjadi salah satu agen pelopor jasa fotografi profesioonal
bertaraf internasional.
Kami mencoba membangun
citra yang baik dengan pelanggan yakni dengan mengadakan pelatihan dan
pembinaan serta pameran. Sehingga rasa kekeluargaan tercipta di moment itu.
Selain itu kami juga memberikan apresiasi kepada pelanggan tetap dan karyawan
yang berkompeten lainnya. Sehingga kami bisa terus mengembangkan bisnis ini
dimasa mendatang. Dari kesemua elemen yang ada point utama untuk bisa terus
mengembangkan usaha ini adalah menjaga kwalitas produk yang ada dan berusaha
menginovasinya serta menjamin kepuasan pelanggan untuk terus memakai jasa kami
ini.
BAB III
PERUMUSAN STRATEGI PERUSAHAAN JASA
3.1 VISI KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN
GRAFIS PROFESSIONAL
Menjadikan KAZURIE
PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL sebagai media photografi
berkonsep modern dengan harga terjangkau berstandar internasional
3.2 MISI KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL
Memberikan pelayanan
terbaik dengan harga ekonomis
Meningkatkan kwalitas
jasa dengan performa berbeda
Menyediakan berbagai
paket pilihan jasa berkwalitas
Menggunakan sarana dan
prasarana berbasis tekhnologi modern
Memakai SDM profesional
yang terlatih dalam bidangnya
3.3 ANALISIS SWOT JASA PHOTOGRAFI
Strengths :
Studio photografi modern
dengan lokasi strategis
Fotografer profesional
yang menguasai fotografi dengan baik
Memiliki sarana dan
prasarana berteknologi canggih
Best servise yang selalu
setia setiap saat
WEAKNESS
Tenaga fotografer kurang
dengan permintaan overload sehingga terkadang permintaan konsumen banyak yang
di tolak
Masih kekurangan beberaa
peralatan pendukung seperti software pengelola gambar yang sering error
Listrik yang sering mati
sekitar lingkungan studio
Opportunities
Masyarakat saat ini
cenderung suka akan dokumentasi pribadi, selain itu peluang bisnis semakin
besar dari waktu ke waktu.
Banyak proyek dan event
yang membutuhkan jasa kami sehingga kami bisa mengembangkan bisnis ini dengan
lebih cepat.
TREAT
Persaingan di dunia
bisnis fotografi semakin ketat, sehingga permintaan semakin menurun dengan
banyaknya pesaing
Perkembangan tekhnologi
seperti kamera dan aplikasi atau software yang mudah sehingga bisa dilakukan
secara pribadi dan karena itulah jasa kami menjadi tidak terlalu membutuhkan
jasa kami.
BAB IV
SEGMENTASI TARGETING & POSITIONING
PEMASARAN JASA
4.1 SEGMENTASI
Untuk tahap awal jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN
GRAFIS PROFESSIONAL ini, kami biasanya membidik pasar dari segmen pelanggan retail,
seperti terima jasa foto studio, wedding, prewedding di lingkungan tempat
tinggal, dst, dimana itu menjadi
sumber pendapatan utama.
Selain itu kami juga menerima order jasa yang lebih
mapan, biasanya kelas foto stok, foto
model, foto wedding
dan prewed untuk
digedung dan kalangan menengah, dsb. Lokasi usaha dan bidikan market lapangan
kami yakni secara geografis berada di kota atau tingkat kabupaten di Jawa
Timur. Dalam segi demografi kami menerima semua pemesanan jasa dari segala umur
baik kepentingan pribadi maupun perusahaan. Selain itu segi psikologinya
meliputi seluruh lapisan masyarakat dari yang muda sampai yang tua bisa memesan
jasa photografi kami ini. Sedangkan dalam segi perilaku, kami membidik konsumen
dari berbagai komunitas dengan begitu
market kami bisa dikenal dan nikmati hampir semua lapisan masyarakat
tanpa kecuali.
Jika ditinjau dari pasar bisnis jasa photografi ini dlihat dari demografinya jasa kami ini mempunyai peluang yang potensial dengan
bidang industri dan perusahaan dalam hal advertising pengenalan produk produk
mereka ke pasar. Pada karakter operasinya
jasa photografi kami ini menerima proyek dadakan yang terkadang sering
terjadi dalam berbagai acara. Sehingga jika konsumen pesan jasa kami hari ini, saat itu juga kami melayaninya.
Untuk bisa memperluas pasar kami melakukan pendekatan terhadap konsumen melalui
pemberian kritik dan saran melalui sosial media maupun langsung di kotak saran
yang kami sediakan di depan kantor. Selain itu kami juga mendengarkan keluhan
konsumen akan haasil dari jasa kami apakah kurang atau sudah memenuhi keinginan
konsumen. Untuk faktor situasional jika jasa kami ini mengalami overload
pesanan jasa maka kami bekerja sama dengan photografer lain untuk memenuhi
pesanan tadi guna memberikan pelayanan dan hasil terbak terhadap konnsumen.
Jika terdesak atau mengalami kesulitan kami selalu mellakukan evaluasi kerja
dalam tim dan juga pihak eksternal yang bekerjasama denagn kami. Sedangkan
kakakteristik pribadi tiap konsumen berbeda kami menyesuaikan dengan keinginan
dan kebutuhan pelanggan saat itu juga.
4.2 TARGETING
Disini kami KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL,
menggunakan full market coverage dalam menentukan target market product
specialization. Tujuan dari segmentasi yang lebih spesifik, adalah agar anda
bisa membaca PETA kemampuan anda, dan pasar mana yang COCOK untuk
digeluti. Ini ibarat
sebuah TARGET BERGERAK,
karena suatu saat nanti anda akan MELIRIK juga segmen lain yang juga
menarik untuk di
coba. Jangan ragu
untuk memilih segmen tertentu, karena
akan mempengaruhi kanal
distribusi, dan juga biaya
yang ditimbulkan untuk
memelihara hubungan dengan pelanggan anda.
Pilih yang baik, akan
membuat seluruh sumberdaya anda
akan memberikan daya
ungkit maksimal terhadap pencapaian
kinerja bisnis anda.
Saluran distribusi, untuk melayani
pelanggan.
Memilih saluran distribusi, agak
berbeda dengan memilih
Vendor, Supplier atau Mitra
kerja, disini kami membicarakan metode dan
media yang digunakan
untuk menjawab pertanyaan;
"Bagaimana cara membeli
Jasa Fotografi kami?” kami memilih pendekatan MARKETING untuk menjawab pertanyaan di atas.
Dalam Marketing ini kami lebih ditujukan
kepada segmen pasar yang
belum kenal, belum
tahu dan belum
perlu dengan jasa kami, ini
merupakan satu rangkaian proses yang
saling berhubungan, dimana
setelah program marketing sukses,
akan dilanjutkan dengan
program sales, inilah mengapa
banyak fotografer suka
PAMER FOTO di
facebook, atau ikut PAMERAN
DI MALL, atau
suka juga bagi
bagi kartu nama
di berbagai acara yang
ramai di kunjungi
orang, suka hadir
dan meliput acara acara kondangan dan sebagainya, sehingga cara ini
lebih efektif dan efisien. Semakin sedikit saluran distribusi, akan semakin
sedikit juga peluang mendapatkan
ORDER, semakin banyak
salurannya, akan semakin banyak
juga peluang dapat
ORDER, tetapi biaya yang timbul
juga akan mengikuti
cara anda menjual. Pilih biaya yang paling murah namun
punya hasil paling efektif. Itu disebut
dengan biaya yang
punya daya ungkit
tinggi terhadap kinerja bisnis.
Kami memilih saluran distribusi yang murah namun efektif alam memasarkan
jasa kami ini yakni Facebook, twiter, website-wedding, website-stok
foto, website pribadi
dan lain sebagainya. Namun
disini kami dituntut harus
kreatif melakukan pemantauan, dan aktif
"menyapa"
calon-calon pelanggan dengan ramah dan santun, supaya mereka selalu
"ingat" dengan jasa kami. Selain itu kami juga melakukan Penjualan
via media lain, seperti iklan koran, iklan majalah, membuat brosur, membuat mini-portfolio, dsb, untuk bisa menjadi
pelengkap dan membantu anda untuk
mendapatkan pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Langkah ini kami ambil untuk
memastikan bahwa media lain ini, cukup murah, dan merupakan salah satu bagian
dari proses mendapatkan pelanggan, dimana
tujuan utamanya adalah
memastikan bahwa pelanggan yang tertarik, bisa menandatangani
kontrak SERVICE ORDER.
4.3 POSITION
Jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL kami
ini menyediakan dan menawarkan kecepatan
layanan, keramahan layanan, kualitas
olah digital, peralatan
yang mahal, studio yang
hebat, kompentensi atau
spesialisasi khusus photografi. Dan yang unik dari jasa kami ini adalah
adanya Paket Franchise yang kami
sediakan untuk mempercepat pengembangan bisnis ini. Paket francise adalah kami gunakan untuk strategi pendekatan konsumen dalam usaha pengembangan bisnis
fotografi supaya lebih cepat, murah, dan efektif dalam
biaya pemasaran.
Selain keunikan di atas Bisnis fotografi ini bukan cuma aktivitas memotret
wedding, prewed, stok foto, korporat
dsb, tapi juga printing, album, desain kreatif, video editing, photo
editing, kursus, seminar,
workshop, dan juga memberikan
pelayanan penjualan kamera, asesoriesnya,
perlengkapan studio dan berbagai
peluang bisnis lainnya. Point utama bisnis jasa ini yakni
berusaha memberikan value bagi konsumennya. Maksudnya disini adalah mana yang
lebih dulu kami utamakan pelanggan atau
tawaran nilai yang dijual? kami PUNYA APA?? Kalau kami punya
segalanya, kami boleh menentukan
target pelanggan, tapi kalo kami tidak punya apa apa, maka mulailah
dengan kemampuan dasar yang ada, dan pilih segmen pasar yang tepat. Contoh:
Punya kamera DSLR entry level, second buatan
5 tahun yang
lalu. Sudah pasti
tampilan anda akan terlihat
CUPU di hadapan
pelanggan papan atas.
Tapi coba saja berhadapan
dengan pelanggan papan
bawah, pasti kamera anda
akan NAIK KELAS,
seolah anda adalah
satu satunya fotografer profesional
yang harganya paling terjangkau. Innilah yang dimaksud
dengan nilai atau tawaran unik sesuia dengan kondisi atau VALUE PREPOSITION.
Sehingga jasa photografi ini Begitu banyak ragam peluang bisnis pendukungnya, Seandainya komunitas photografi ini bisa
digerakkan ke arah yang lebih strategis, bersatu padu mengatur harga pasar yang wajar, dan
bahkan bisa mendorong harga pasar photografi
menjadi lebih ekonomis dan terjangkau masyarakat luas, khususnya buat
anggotanya, sehingga kegiatan
usaha semacam ini bisa meninngkatkan
kegiatan EKONOMI menjadi lebih efektif.
BAB V
TINGKATAN PRODUK JASA PHOTOGRAFI
Pada dasarnya produk Jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS
PROFESSIONAL yang kami kelola ini termasuk dalam kategori shopping product
atau good. Sehingga sebelum membeli mereka sering teliti dalam membandingkan
kwalitas, harga maupun jenis produk. Kenapa masuk dalam kategori shopping
product atau good, karena produk jasa yang kami sediakan ini menjadialternatif
kebutuhan dimana pembelinya jarang membutuhkan jasa kami kecuali dalam event
event tertentu sehingga mereka sangat pemilih dalam keputusan pembeliannya.
Untuk itu kami memberikan banyak varian paket dengan harga yang berbeda beda
serta disetiap paket mempunyai isi yang tidak sama pula. Sehingga konsumen memiliki banyak pilihan alternatif
sesuai kebutuhan yang diinginkan. Kami akan coba membahas produk jasa kami,
KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL yang menerapkan konsep 7 P
dalam strategi pemasarannya. Pertama tama kami akan menjelaskan tingkatan
produk dalam jasa photografi kami ini :
- Produk Inti ( Core Product)
KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONALadalah sebuah produk jasa yang memanfaatkanproduk utama mereka berupa jasa
photografi dan desain grafis untuk menarik minat pembeli baik dikonsumsi untuk
kepentingan pribadi seperti acara pernikahan
atau untuk bisnis seperti perusahaan advertising.
Mengapa harus memilih KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS
PROFESSIONALsebagai penyedia jasa Photography dan Desain Grafis
Professional :
Ø Harga yang relatif terjangkau dan fleksibel, selain kami menyediakan jasa
Photography, Video Shooting dan desain grafis dalam bentuk paket, kami juga
memberikan penawaran jasa tersebut menyesuaikan budget dan kebutuhan anda.
Ø Team kami sudah berpengalaman pada bidang Photography dan Desain grafis
dengan berbagai inovasi, ide dan kreativitas di segala kondisi.
Ø Didukung dengan peralatan lengkap dan terbaik sehingga mampu menghasilkan
karya foto dan desain yang keren serta berkualitas.
KAZURIE PHOTOGRAFI &
DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL mempunyai jaringan yang
luas sebagai pendukung terciptanya karya yang terbaik yang telah diakui.
B.
Produk
Aktual ( Actual Product)
Produk aktual jasa KAZURIE PHOTOGRAFI
& DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL yang kami kelola ini meliputi 5 hal yakni :
Ø Tingkat kwalitas layanan jasa photografi dan desain. Kami menggunakan
layanan jasa berstandar Internasional yang banyak digunakan oleh banyak vendor.
Yang kami buat dengan menyesuaikan SOP (Standart Operation Prodedure) budaya
kerja di perusahaan, sehingga jasa yang kami sediakan ini benar-benar layak dan sesuai dengan harapan
konsumen dilapangan.
Ø Fitur atau varian produk. Kami menyediakan Network Based Service yang
dimana jasa kami ini dapat diakses oleh siapa saja secara langsung ataupun by
online baik menggunakan jaringan WiFi maupun internet seluler. Sehingga
memudahkan konsummen dalam hal apapun bentuk jasa photogarfi dan desain yang
dibutuhkan, kami hadir dan siap untuk mereka.
Ø Rancangan produk jasa. Kami sengaja membuat layanan jasa photografi dan
desain grafis secara online maupun
offline, sehingga pangsa pasar dan target segmentasion kami lebih banyak dan
lebih variatif. Dan point utama jasa kami ini adalah Custom Service Costumer
dimana hal ini difokuskan pada penyediaan dan penyesuaian jasa yang dibutuhkan
pelanggan sehingga mempermudah segala macam
kegiatan pribadi maupun perusahaan / instansi / lembaga.
Ø Nama merek,dalam hal ini saya pribadi memilih nama atau merk KAZURIE,
sebagai brand jasa kami ini. Kenapa memilih nama ini untuk dijadikan merk?
Karena KAZURIE sebenarnya adalah singkatan atau kependekan dari nama lengkap
saya yakni ITHA KURNIA ZUNINTA SARI. Alasan lain saya yakni say ingin di setiap
usaha yang saya rintis kedepannya merupakan nama anggota keluarga saya. Karena
disini selain simple KAZURIE juga gampang di eja dan diingat konsumen.
Ø Kemasan produk. Kami memilih konsep Best Self Building Service dalam usaha
pendekatan terhadap konsumen untuk mengemas produk jasa kami ini. kami berusaha
memeberikan yang terbaik pada setiap layanan jasa terhadap semua konsumen,
untuk itu kami melibatkan banyak pihak untuk menjamin kepuasan dan kemudahan
pelanggan dan dalam setiap event acara yang di pesan kami sertai dokumentasi yang baik, sehingga
apabila ada kesalahan atau keluhan seperti pengeditan ulang foto dsb yang
dirasakan konsumen maka dengan mudah dan
cepat kami respon dan selesaikan. Sehingga kepercayaan konsumen terhadap jasa
dan layanan kami bertambah dan konsisten.
- Produk Tambahan ( Augmented Product)
KAZURIE PHOTOGRAFI &
DESAIN GRAFIS PROFESSIONALmenyediakan layanan CS
Support, yang akan bekerja untuk anda, sehingga anda bisa lebih mudah berbisnis
dan meluangkan waktu untuk melihat dan mengecek aktifitas usaha dengan tenang.
Berikut adalah Job Desk CS Support :
Menjawab Pertanyaan
Klien.
Mengirim Invoice /
Penagihan.
Penghubung antara klien
dengan team KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL,
sehingga klien tidak perlu menunggu balasan dari anda.
Support 14 jam / hari
kerja ( Sabtu & Minggu Libur).
Penagihan Pembayaran
Klien via email dan SMS.
CS Support juga akan senantiasa cepat dan ramah dalam menanggapi
pertanyaan, kritik, komplain dan segala informasi yang anda butuhkan. Mengenai
tambahan layanan produk jasa kami ini, kami meyediakan beberapa layanan jasa
tambahan berupa :
Jasa Konsultan IT
Jasa Pembuatan Website
Jasa Video Shooting
Jasa Sekolah photografi
& Desain
jasa pemeliharaan purna
jual (CRM),
- THE MARKETING MIX
Dengan mengusung strategi pemasaran jasa marketing mix menggunakan konsep
7P dalam usaha kami ini, diharapakkan dapat mengetahui apa yang dibutuhkan
konsumen dan menyediakannya di lapangan. 7 elemen yang dimaksud adalah :
Ø PertamaPRODUKyang merupakan urutan awal isi konsep 7P
ini. Untuk itu KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL hadir dengan
memberikan pelayanan jasa photografi berbagai event dan desain grafis komersial
dengan harga bersaing, kwalitas bagus dan berbagai varian paket yang sangat
menarik. Tujuan utama jasa kami iniyakni memberikan dan memudahkan pelanggan
dalam usaha pemenuhan kebutuhan mereka. Pastinya memberikan nilai dan manfaat
bagi konsumennnya.
Ø Kedua PROMOTION, KAZURIE PHOTOGRAFI &
DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL melakukan serangkaian promosi produk jasanya melalui
1. Periklanan 2. Promosi penjualan 3. Publishitas hubungan masyarakat 4.
Pemasaran langsung. Selain itu berbagai sosial media dan event di tengah tengan masyarakat dll. Dengan cara
ini diharapkan KAZURIE PHOTOGRAFI &
DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL akan dikenal masyarakat luas dan menarik pelanggan
baru dan memotivasi pelanggannya untuk membeli produk jasa kami ini kedepannya.
Ø Ketiga Place atau Lokasi, dalam pemilihan lokasi kantor KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL mempertimbangkan jangka
panjang kelangsungan bisnis ini. Yakni
kami memilih lokasi di tingkat kabupaten yang strategis mudah dijangkau
konsumen sehingga mempermudah mereka untuk mengakses jasa kami. Dan pastinya di
pinggir jalan yang sering dilewati banyak orang sehingga mereka tahu jasa kami
ini.
Ø Keempat People atau SDM, orang yang bekerja pada
kami ini merupakan aset utama kwalitas jasa photografi ini. Dalam hal ini
karyawan maupun karyawati berhadapan langsung dengan konsumen dan berada di
depan (frontliner) serta yang pihak yang melakukan direct selling dengan
konsumen. Kami memilih pegawai yang berdedikasi tinggi berattitude baik
mempunyai motovasi diri dan disiplin waktu dalam kinerjanya. Sehingga elemen
yang dimiliki pegawai inilah yang menjadi icon dalam usaha pemuasaan konsumen
dan loyalitasnya.
Ø Kelima Process, cara yang kami gunakan
dalam proses peningkatan kinerja karyawan PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS
PROFESSIONAL adalah membuka dan menutup kantor usaha tepat waktu yakni pukul
08.00 -21.00 wib. Kami menerapkan sistem kekeluargaan antar pegawai tidak ada
perbedaan status sosial baik atasan maupun bawahan. Selalu mengucapkan terima
kasih dan senyuman dalam setiap pelayanan terhadap pelanggan. Cepat, tanggap
dalam menerima tugas maupun pesanan. Kami juga memberikan layanan diskon bagi
pelanggan yang mengorder jasa kami dalam proyek besar. Selain itu kami
menyediakan jasa konsultasi desain grafis secara Cuma Cuma.
Ø Keenam Price atau Harga, dalam hal ini penetapan
harga merupakan suatu hal yang penting karena dapat mempengaruhi pendapatan total
dan biaya yang dikeluarkan sertapenentu posisi sasaran, ragam produk,
pelayanan, serta persaingan. Dalam hal ini KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN
GRAFIS PROFESSIONAL memilih untuk menjual produk jasanya dengan harga ekonomis
sehingga dapat dijangkau masyarakat.
Harga standart umum atau konsumsi pribadi
Harga paket 1 Rp 2.000.000
Harga paket 2 Rp
3.000.000
Harga paket 3 Rp
5.000.000
Harga standart untuk bisnis atau
proyek
Harga paket PREMIUM Rp
30.000.000
Harga paket GOLD Rp
50.000.000
Harga paket SILVER Rp 100.000.000
Selain paketan harga di atas kami juga menjual ecer atau retail jasa kami,
dengan harga dan jenis jasa yang berbeda pastinya.
Ø Ketujuh Physical Environment atau lingkungan fisik, bukti nyata dan yang menjadi salah satu karakteristik serta menjadi nilai
tambah dari konsumenKAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL adalah
bentuk bangunan dengan desain interior yang unik dipadukan dengan desain
grafity pada sebagian kecil tembok dalam ruangan dan ruangan dengan cat
minimalis dan elegan pastinya. Dengan tambahan fasilitas full music dan AC,
sehingga pelanggan bisa menunggu hasil jasanya dengan santai, nyaman dan
senang. Dan ruang studio yang rapi, bersih dan tata ruang yang unik dan berbeda
pastinya.
BAB VI
STRATEGI DISTRIBUSI JASA
6.1 SALURAN DISTRIBUSI
Jenis saluran distribusi yang dipakai oleh KAZURIE PHOTOGRAFI &
DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL kami ini yakni, saluran “distribusi langsung”.
Disini kami akan menjelaskan kenapa kami
menggunakan metode distribusi langsung ini. Pertama tama saya akan
menjelaskan "Bagaimana cara
membeli Jasa Fotografi dan desain kami ini. Untuk bisa
lebih dekat dengan pelanggan kami memilih pendekatan MARKETING dalam distribusi langsung produk
jasa kami ini.
Dalam Marketing ini kami lebih
tujukan kepada segmen pasar
yang belum kenal,
belum tahu dan
mereka sebenernya perlu dengan jasa kami, yakni dengan menyediakan
berbagai macam catalog paket produk jasa kami dan contoh dokumentasi dari event
atau acara acara ang telah kami tangani, sehigga ini menjadikan salah satu daya
tarik untuk mengenalkan KAZURIE
PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL kami ini ke halayak luas. Sehingga dengan saluran
langsung ini kami bisa berhadapan langsung dengan konsumen dan mengetahui jasa
apa yang dibutuhkan dan sesuai kemampuan mereka untuk membelinya. Selain itu
metode ini merupakan satu rangkaian proses yang
saling berhubungan, dimana
setelah program marketing sukses,
akan dilanjutkan dengan
program direct salling dengan
tujuan utama mendapatkan umpan balik berupa pemesanan order jasa atau kontrak
pembelian jasa sesuai dengan paket yang diinginkan. Sehingga kami sebisa
mungkin memberikan respon cepat untuk memberikan layanan jasa ini. Inilah
tujuan utama KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL memilih
saluran langsung produk jasanya yakni mendapatkan umpan balik dari konsumen
untuk pengorderan jasa tentunya.
Kami memilih saluran distribusi langsung ini karena metode ini yang menurut
kami paling efektif dan efisien karena kami tidak harus mengeluarkan banyak
biaya untuk kegiatan promosi, selain itu
kami juga memanfaatkan sosial media gratis seperti dengan memasarkan jasa kami
ini lewat sosial media. Inilah mengapa banyak
fotografer suka PAMER
FOTO di sosial media seperti
Facebook, twiter, website-wedding,
website-stok foto, website
pribadi dan lain sebagainya dan ikut berbagai event
pameran di mall, suka juga bagi
bagi kartu nama serta menyediakan booth booth atau stand
di setiap lantai mall di berbagai
acara yang ramai
dikunjungi banyak orang untuk
mempromosikan jasa ini, sehingga cara ini diharapkan dapat menarik pelanggan
untuk membeli.
Namun disini kami dituntut harus kreatif
melakukan pemantauan, dan aktif
"menyapa"
calon-calon pelanggan dengan ramah dan santun, supaya mereka selalu
"ingat" dengan jasa kami. Selain itu kami juga melakukan Penjualan
via media lain selain lewat sosial media seperti iklan koran, iklan majalah,
membuat brosur, membuat
mini-portfolio, dsb, untuk bisa menjadi
pelengkap dan membantu anda untuk
mendapatkan pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Langkah ini kami ambil untuk
memastikan bahwa media lain ini, dpat memberikan nilai tambah dalam proses
promotion produk kami dan pastinya cukup murah, dalam usaha pengenalan produk
untuk mendapatkan pelanggan, dimana
tujuan utamanya adalah
memastikan bahwa pelanggan dapat tertarik dan bisa
menandatangani kontrak SERVICE ORDER jasa photografi dan desain kami ini.
Dengan memilih saluran distribusi
langsung ini diharapkan KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL bisa
memberikan banyak akses kemudahan bagi pelanggannya untuk bisa melakukan order
jasa ini. Kemudahan akses itu meliputi banyak hal seperti kemudahan pelayanan,
kepuasan jasa, jaminan kwalitas produk, dan harga terjangkau. Sehingga proses
pendistribusian jasa kami ini bisa dirasakan dan di nikmati bnyak orang.
BAB VII
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Sebagai salah satu variabel bauran pemasaran, selain produk, distribusi, dan promosi, harga juga mempunyai peranan yang sangat penting bagi pemasar untuk menjangkau pasar sasaran atau untuk menarik pembeli. Persoalan yang komplek selalu dihadapi oleh pemasar dalam upaya menetapkan harga untuk produknya. Kita akan melihat bahwa kekomplekan dan pentingnya penetapan harga ini memerlukan suatu pendekatan yang sistematis, yang melibatkan penetapan tujuan dan pengembangan suatu truktur penetapan harga yang tepat.
Harga adalah sejumlah uang dan/atau seuatu yang lain beserta faedahnya yang
dibutuhkan untuk mendapatkan suatu produk ( Etzel, Walker, and Stanton, 1997,
h. 274). Dengan kata lain harga itu merupakan apa yang kita bayarkan untuk
mendapatkan sesuatu.
Ada beberapa keputusan menyangkut penentuan harga, termasuk harga ntertentu
yang diberikan kepada masing-masing produk atau jasa yang dipasarkan. Tetapi
harga itu juga dapat ditentukan oleh pembeli yang membeli produk atau jasa
perusahaan. Perusahaan jjuga harus mengambiln keputusan tentang perlu/tidaknya
memberikan potongan untuk pembayaran yang lebih awal. Jika perusahaan mengambil
kebijakan untuk memberikan potongan tunai maka perlu ditentukan kapan seorang
pembeli akan menerima potongan tunai dan berapa besar jumlah potongannya.
Sekarang, dalm kondisi persaingan yang semakin keat, perusahaan-perusahaan
melakukan perubaha, yaitu meningkatkan efesiensi cara produksinya dan menekan
biayan. Semuan ini ditunjukan untuk menekan harga supaya mendapatkan posisi
yang baik dalam persaingan.
Dalam hal penetapan harga, KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS
PROFESSIONAL sangat tergantung dari harga pokoknya, namun yang terpenting
adalah faktor KEUNTUNGAN yang kami harapkan. Makin besar faktor UNTUNG yang
diharapkan, makin tinggi harganya.
Berapa sih keuntungan yang diharapkan? 10%, 50%, atau bahkan 100%? Kalo
saya ingin sukses, tentu saja saya harus mampu menghasilkan keuntungan
semaksimal mungkin. Disini maksud kami
adalah mengambil keuntungan dengan maksimal kewajaran yang pantas kami
dapatkan karena membantu klien mendapatkan apa yang diharapkan,dari sebuah
proses panjang. Kami juga memberikan Diskon, atau Bonus, untuk menarik minat
pembeli, dengan garis bawah jangan sampai mengorbankan Keuntungan yang
diharapkan.
KAZURIE
PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL menggunakan metode Penetapan Harga Biaya Plus (Cost Push Pricing
Method).
Kenapa kami memilih cara ini ? Karena Dengan metode ini, harga jual per unit ditentukan dengan menghitung jumlah seluruh biaya per unit ditambah jumlah tertentu untuk menutupi laba yang dikehendaki pada unit tersebut (disebut margin).
Kenapa kami memilih cara ini ? Karena Dengan metode ini, harga jual per unit ditentukan dengan menghitung jumlah seluruh biaya per unit ditambah jumlah tertentu untuk menutupi laba yang dikehendaki pada unit tersebut (disebut margin).
Dengan demikian, harga jual produk dapat
dihitung dengan rumus:
BIAYA TOTAL + MARGIN = HARGA JUAL
BIAYA TOTAL + MARGIN = HARGA JUAL
Sekarang
kita akan membahas mengenai struktur harga pokok dari jasa KAZURIE
PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL ini, dimana :
·
creation fee = ongkos ide + ongkos desain + dan ongkos lain yang relevan,
tapi belum termasuk keuntungan yang diharapkan.
·
Harga pokok = penyusutan alat + out of pocket expenses + ongkos cetak +
sewa wardrobe + biaya lain yang relevan.
·
Biaya Administrasi = sewa kantor, listrik telepon, dan gaji karyawan.
·
Biaya lain-lain = biaya yang tidak termasuk dalam kelompok tersebut diatas,
tapi masih dikeluarkan dalam kegiatan operasi anda. Contoh; biaya bunga bank,
biaya iklan, dan biaya biaya tidak langsung lainnya.
Perlu di catat, bahwa semua komponen harga tersebut, tidak mudah untuk dihitung dalam satuan proyek, atau unit tertentu. Dengan kata lain, pembebanan harga pokok perlu metode perhitungan yang rumit, dan semua itu hanya bisa dilakukan jika kita punya catatan yang rinci mengenai semua transaksi kita. Jika catatan kita lengkap maka kita bisa membuat model harga pokok dengan membuat;
Perlu di catat, bahwa semua komponen harga tersebut, tidak mudah untuk dihitung dalam satuan proyek, atau unit tertentu. Dengan kata lain, pembebanan harga pokok perlu metode perhitungan yang rumit, dan semua itu hanya bisa dilakukan jika kita punya catatan yang rinci mengenai semua transaksi kita. Jika catatan kita lengkap maka kita bisa membuat model harga pokok dengan membuat;
· standar pembebanan biaya tetap langsung seperti : beban penyusutan alat per
klik, per projek atau per hari
· standar pembebanan biaya variabel langsung, seperti : sewa studio, sewa
wardrobe, sewa fotografer freelance, sewa asisten dsb.
·
standar pembebanan biaya tidak langsung lainnya, seperti : sewa kantor,
listrik, telepon dsb.
Jika
semua hitungan standar tersebut sudah dihitung, maka tinggal menerapkannya
dalam PRICE LIST yang kita tawarkan kepada klien jika mereka NAWAR secara
rinci, baru deh kita keluarkan detilnya, sehingga mereka disadarkan bahwa harga
yang kita tawarkan adalah harga WAJAR dan bukan harga yang diambil dari LANGIT.
Pada proses tawar-menawar, pemahaman dan pengetahuan tentang harga pokok ini
sangat penting, karena membuat kita lebih profesional dan tampil percaya diri.
Terutama dalam melakukan penyesuaian diri dengan harga baru yang diminta klien,
dimana elemen-elemen harga pokok tadi bisa dipisahkan dan dikeluarkan dari
tanggungan kita, dan bisa menjadi beban klien, sepanjang klien memang lebih
suka untuk itu. Contoh: Biaya akomodasi fotografer dan tim, ketika ada
penugasan ke luar kota; biaya sewa tempat; biaya sewa alat; biaya sewa
wardrobe; dsb... itu tandanya anda punya klien yang baik hati, dan ingin
membantu anda bersusah payah mengerjakan proyek ini. Anda harus berterimakasih
untuk klien seperti ini.
Ini salah satu harga yang kami tetapkan di
pasar :
Harga standart umum atau konsumsi pribadi
Harga paket 1 Rp 2.000.000
Harga paket 2 Rp
3.000.000
Harga paket 3 Rp
5.000.000
Harga standart untuk bisnis atau
proyek
Harga paket PREMIUM Rp
30.000.000
Harga paket GOLD Rp
50.000.000
Harga paket SILVER Rp 100.000.000
Selain paketan harga di atas kami juga menjual ecer atau retail jasa kami,
dengan harga dan jenis jasa yang berbeda pastinya.
BAB VIII
STRATEGI PROMOSI JASA
Dalam hal ini kami memakai strategi
:
a)
Periklanan ( advertising), kami lakukan lewat jejaring sosial
facebook,blog, twitter, bbm dan lain sebagainya. Selan itu kami juga mencetak
pamflet dan brosure untuk bisa lebih dikenal masyarakat.
b)
personal selling, dalam strategi ini kami mencoba menawarkan produk ini
secara langsung kepada pelanggan dilapangan melalui beberapa event wedding
organier dan pameran photograpy lainnya.
c)
direct marketing, strategi ini kami pilih untuk menarik minat pelanggan
dimana jika memakai jasa kami beberapa paket maka kami beri potongan harga
khusus.
d) word of mouth, strategi ini kami pilih karena memiliki efektifitas dn
efisiensi yang tinggi karena secara tidak langsung orang yang meybarkan berita
darimulut ke mulut relatif gampang menyebar apalagi bagi mereka ynag sudah
meraskan jasa kami dan puas pasti itu juga erdampak pada berita atau kabar yang
akan disampaikan kepada orang lain. Sejalan dengan itu mereka menjadi testimoni
langsung untuk orang lain.
BAB IX
STRATEGI
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
(MSDM)
9.1 Struktur Organisasi KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL
Struktur
organisasi merupakan sebuah wadah atau kerangka kerja vertikal dan horisontal
yang relatif stabil dan formal serta saling terkait diantara jabatan-jabatan
yang dimiliki organisasi. Atau dengan kata lain bisa digambarkan sebagai pola
hubungan antar anggota organisasi, tugas-tugas yang harus dijalankan oleh
mereka, struktur-struktur satu sama lain saling bergantungan, aktifitas
organisasi harus direncanakan, diorganisasikan, diarahkan, dikendalikan demi
mencapai tujuan organisasi.
Dalam hal ini KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS
PROFESSIONAL membentuk struktur
organisasi untuk menunjang aktivitas operasional perusahaan dan untuk mencapai
tujuan.
Skema 10.1 Struktur organisasi Humanika Creative Design
JOB DISCRIPTION
Ø Managing Director : pimpinan merupakan struktur organisasi perusahaan manufaktur yang
tertinggi.Bagian ini merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap segala
bentuk operasional atau berjalannya roda perusahaan.
Tugas
Direktur/pimpinan adalah sebagai berikut:
- Memimpin seluruh dewan
atau komite eksekutif
- Menawarkan visi dan
imajinasi di tingkat tertinggi
- Memimpin
rapat umum, dalam hal: untuk memastikan pelaksanaan tata-tertib; keadilan dan
kesempatan bagi semua untuk berkontribusi secara tepat;menyesuaikan
alokasi waktu per item masalah; menentukan urutan agenda; mengarahkan
diskusi ke arah konsensus; menjelaskan dan menyimpulkan tindakan dan
kebijakan
- Bertindak
sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar
- Memainkan
bagian terkemuka dalam menentukan komposisi dari board dan sub-komite,
sehingga tercapainya keselarasan dan efektivitas.
- Mengambil
keputusan sebagaimana didelegasikan oleh bawahannya atau pada situasi tertentu
yang dianggap perlu, yang diputuskan, dalam meeting-meeting di
perusahaannya.
Syarat Direct Manager :
a)
Memiliki jiwa kepemimpinan dan tegas dalam mengambil keputusan.
b)
Berpengalaman dalam mengelola media cetak.
c)
Menguasai bahasa asing.
d)
Berpendidikan minimal S1.
e)
Memiliki relasi yang luas baik di kalangan swasta maupun pemerintah.
f)
Memiliki integritas terhadap pekerjaan.
g)
Menguasai teknis dan dasar photografi dan desain grafis.
Ø Account Manager : Bagian struktur organisasi perusahaan manufaktur yang satu ini mempunyai
tanggung jawab terhadap keuangan untuk operasional perusahaan. Tugasnya adalah
mengatur menejemen keuangan mulai dari belanja rutin untuk proses produksi dan
keperluan perusahaan yang lain.
Tugas bagian
keuangan adalah sebagai berikut:
- Mengkoordinasikan
pengendalian kegiatan Akuntansi Manajemen, Keuangan, dan Sistem Informasi
Keuangan.
- Melakukan
analisis terhadap laporan keuangan dan laporan akuntansi manajemen
perusahaan.
- Melaksanakan
pengendalian dan pengawasan bidang keuangan sesuai dengan target yang
ditentukan.
- Mengkoordinasikan
penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).
- Mengusulkan
sistem dan prosedur akuntansi dan keuangan yang memadai
untuk pengembangan sistem informasi akuntansi & keuangan
dan bentuk-bentuk pelaporan.
- Mengevaluasi
dan menyampaikan laporan keuangan (neraca, laporan laba/rugi, laporan arus
kas) yang auditable secara berkala beserta perinciannya (bulanan, triwulan
maupun akhir tahun) sesuai dengan kebijakan akuntansi kepada Direksi.
Ø Production Manager & HUMAS Tujuh puluh persen dari kegiatan seorang bagiann
produksi dan humas berhubungan dengan tulis menulis diantaranya adalah:
a) Merancang
pesan tematik agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/
keterkaitan pesan.
b)
Melakukan segmentasi media, dimana seorang humas harus mampu memformulasikan
keseimbangan saling dukung antara media cetak dan online.
c)
Menjaga reputasi organisasi melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan atau
kombinasinya.
d)
Mengoptimalkan promosi berita terbaru melalui berbagai Social Media dan Social
Bookmark (Facebook, twitter, digg, dll).
e)
Bertanggung jawab keluar dan ke dalam atas segala aktivitasnya sebagai divisi
penunjang produktivitas bidang keredaksian dengan melakukankoordinasi
dengan Pemimpin Redaksi, Kepala Deputi atau perwakilan dan Divisi
Keuangan dan Iklan dapat melakukan perekrutan personil untuk tugas-tugas
dibidang tata usaha.
f)
Mempunyai hubungan luas dibidang bisnis lainnya / lobi dan kemitraan dalam
bidang usaha untuk melaksanakan kegiatan perusahaan pers dan penerbitan.
g)
Bertugas menyebarluaskan Media massa yakni dalam bidang pemasaran (Marketing)
atau penjualan. Bagian ini merupakan bagian komersial meliputi sirkulasi
/ distribusi iklan dan promosi.
h)
Bertanggung jawab kepada Pemimpin Perusahaan.
Ø Tugas utama
dari bagian produksi dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan perusahaan secara
umum adalah berusaha mencapai biaya produksi yang rendah, mutu produk yang
tinggi, tanggapan yang cepat atas permintaan, dan fleksibilitas untuk membuat
inovasi terhadap produk brownis salak dengan selera dan spesifikasi pelanggan
Divisi
Produksi dengan tugas dan fungsi sebagai berikut:
1. Menyusun program jangka pendek dan
jangka panjang produk perusahaan.
2. Menyiapkan
bahan yang dibutuhkan untuk proses produksi.
3. Melakukan proses produksi yang
merubah suatu bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dipasarkan.
4. Melakukan pengevaluasian apakah
barang hasil produksi perusahaan sudah sesuai dengan standart kualitas
yang telah ditentukan atau sesuai dengan pemesanan konsumen.
Syarat Manager Humas &
Produksi :
a)
Berpendidikan S1 Ekonomi
b)
Berminat pada bidang photografi & Desain Grafis
c)
Menguasai computer.
d)
Menguasai teknik dan dasar
photografi & desain grafis.
e)
Siap bekerja dalam tim.
f)
Siap bekerja di bawah tekanan.
g)
Dapat bekerja memenuhi dead line
Ø Traffic & Sales Support: Meskipun tidak ikut dalam proses produksi, namun bagian dari struktur organisasi
perusahaan manufaktur seperti Zalacca BrownSnake ini juga Divisi
pemasaran mempunyai pengaruh besar terhadap kemajuan perusahaan.karena
dari bagian inilah hasil produksi perusahaan bisa dijual dan dipasarkan.
Fungsi
bagian pemasaran adalah untuk memasarkan hasil produk-produk yang telah di
produksi untuk para konsumen dan mempunyai tugas, yaitu:
a. Mengidentifikasi dan memahami keinginan pelanggan dalam segmen pasar
b. Mengumpulkan keterangan mengenai kinerja produk
c. Membuat inovasi-inovasi baru
d. Mengukur citra perusahaan dan kepuasaan pelanggan secara continue.
Creatives/ Lay- Outer : kelompok desainer yang bertugas membuat segala bentuk kreativitas desain. . Petugas Creatives/ Lay- Outer :
a)
Merancang cover atau kulit muka.
b)
Membuat dummy atau nomor contoh sebelum produk di cetak dan dijual ke
pasar.
c)
Mendesain dan melay out setiap halaman dengan naskah, foto, dan
angka-angka.
d)
Mengatur peruntukan halaman untuk naskah.
e)
Menulis judul berita,anak judul, caption foto, nama penulis pada
setiap naskah.
f)
Menulis nomor halaman, nama rubrik/desk, nomor volume terbit, hari terbit,
dan tanggal terbit pada setiap edisi.
Syarat Lay-Outer.
a)
Menguasai Machintos, Freehand, Photoshop, corel Draw.
b)
Memiliki jiwa seni.
c)
Mampu bekerja sama dalam tim.
d)
Menguasai berbagai tipe dan jenis huruf.
Ø Fotografer
Fotografer atau juru potret tugasnya mengambil gambar
peristiwa atau objek tertentu yang bernilai . Jika tugas wartawan tulis
menghasilkan karya jurnalisik berupa tulisan berita, opini, atau feature, maka
fotografer menghasilkan gambar atau Foto. Fotografer menyampaikan informasi
atau pesan melalui gambar yang ia potret. Fungsi foto antara lain
menginformasikan (to inform), meyakinkan (to persuade), dan menghibur (to
entertain).
Adapun tugas seorang
fotografer secara lebih terinci adalah sebagai berikut:
a)
Menjalankan tugas pemotretan yang diberikan redaktur atau atasannya.
b)
Melakukan pemotretan sumber berita, suasana acara, aktivitas suatu objek,
lokasi kejadian, gedung, dan benda- benda lain.
c)
Mengusulkan konsep desain untuk cover majalah.
d)
Menyediakan foto-foto untuk mendukung naskah, artikel, dan berita.
e)
Mengarsip foto-foto, filem negatif, atau compact disk bagi kamera digital.
f)
Melaporkan setiap kegiatan pemotretan kepada atasan.
g)
Mempertanggungjawabkan setiap penggunaan filem negatif, baterai, atau
compact disk yang telah digunakan kepada perusahaan
Syarat Fotografer:
a)
Mengerti dan menguasai teknik fotografi manual, otomatis, digital.
b)
Mengerti dan menguasai teknik pengambilan gambar: pencahayaan, komposisi,
warna.
c)
Mengerti dan menguasai teknik mencetak foto.
d)
Mengerti penggunaan scanner.
e)
Mengerti arsip.
BAB X
STRATEGI PROSES
10.1 Prosedur Operasional
Untuk tahap awal jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS
PROFESSIONAL kami membidik pasar dari berbagai segmen, mulai
dari pelanggan retail, seperti terima jasa foto studio, wedding, prewedding di
lingkungan tempat tinggal, dst, dimana
itu menjadi sumber
pendapatan utama.
Langkah kedua, Untuk bisa memberikan daya tarik dan kepuasan pada pelanggan
KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL mencoba melakukan
pendekatan terhadap konsumen dan selektif dalam Memilih saluran
distribusi, dan itu agak berbeda dengan
memilih Vendor, Supplier atau
Mitra kerja, disini kami
membicarakan metode dan media
yang digunakan sebagai penunjang
sarana komunikasi sehingga produk jasa kami ini bisa sampai di tangan
konsumen.U ntuk bisa mengkomunikasikan jasa
kami ini secara unik. Menurut Belch (2009) proses komunikasi dimulai
dari perusahaan sebagai sumber informasi (source) berusaha untuk menyampaikan
pesan (message) tentang produk atau pun jasa. Adapun pesan yang ingin
disampaikan telah dirancang dengan sedemikian rupadan di sampaikan melalui
berbagai macam bentuk media komunikasi (channel) seperti majalah, televisi,
radio dan internet, hingga akhirnya pesan tersebut dapat diterima oleh target audience
(receiver). Receiver kemudian akan memberikan feedback atau respon kembali ke
perusahaan atas informasi yang telah diterima. Feedback ini menjadi dasar perusahaan sebagai alat ukur pencapaian
tujuan komunikasi, dan juga dapat menjadi pendorong target audience untuk
melakukan action terhadap pesan tersebut.
Langah
ketiganya yakni, mendistribusikan produk jasa KAZURIE
PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL untuk
bisa sampai di tangan konsumen dengan cara pendekatan MARKETING. Dalam pendekatan Marketing ini kami lebih tujukan
kepada segmen pasar yang
belum kenal, belum
tahu dan belum
perlu dengan jasa kami. Sehingga ini
merupakan satu rangkaian proses yang
saling berhubungan, dimana
setelah program marketing sukses,
akan dilanjutkan dengan
program sales, inilah mengapa
banyak fotografer kami suka
PAMER FOTO di
facebook, atau ikut PAMERAN
DI MALL, atau
suka juga bagi
bagi kartu nama
di berbagai acara yang
ramai di kunjungi
orang, suka hadir
dan meliput acara acara kondangan dan sebagainya, sehingga cara ini
lebih efektif dan efisien. Semakin sedikit saluran distribusi, akan semakin
sedikit juga peluang mendapatkan
ORDER, semakin banyak
salurannya, akan semakin banyak
juga peluang dapat
ORDER.
Inilah proses operasional jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS
PROFESSIONAL yang kami kelola sehingga jasa ini bisa sampai pada konsumen
yang telah kami targetkan.
BAB XI
STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
(PHYSICAL ENVIRONMENT)
Salah satu karakteristik yang menjadi daya tarik dari konsumen KAZURIE PHOTOGRAFI
& DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL adalah bentuk bangunan dengan desain interior
yang unik dipadukan dengan desain grafity pada sebagian kecil tembok dalam
ruangan dan ruangan dengan cat minimalis dan elegan pastinya. Dengan tambahan
fasilitas full music dan AC, sehingga pelanggan bisa menunggu hasil jasanya
dengan santai, nyaman dan senang. Dan ruang studio yang rapi, bersih dan tata
ruang yang unik dan berbeda pastinya. Kelengkapan inventaris photografi yang
dimiliki ditata secara rapi pada rak yang didesain dengan sedemikian rupa
sehingga pelanggan bisa menikmati keindahan tata ruang yang senagaja dibuat
untuk mencipatakan sebuah seni ruangan kantor.
Diharapkan kesengajaan desain yang disediakan ini mampu memberikan nilai
tambah dan daya tarik pada konsumen setianya dan calon konsumen. Dengan memperhatikan hal-hal kecil sepeti itu, nantinya akan berdampak
besar pada audience ketika menangkap informasi atau pesan yang disampaikan
dengan mudah, cepat dan jelas. Intinya, desainer yang baik mampu menggabungkan
fungsi estetis dengan fungsi komunikasi.
BAB XII
MANAJEMEN KWALITAS JASA
- Reliabilitas
(rebility), berkaitan dengan ini
kami KAZURIE
PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL mencoba memberikan layanan yang prima dan akurat dari pertama kali proses pemesanan sampai hasil akhir jasa ini tanpa membuat kesalahan
apapun dan menyampaikan jasanya sesuai dengan waktu yang disepakati.
- Daya tanggap (responssiveness), berkenaan
dengan kesediaan dan kemampuan para karyawan KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS
PROFESSIONAL untuk
membantu para pelanggan dan merespons permintaan mereka, serta
menginformasikan kapan jasa akan diberikan sesuai kebutuan pelanggan dan kemudian memberikan
jasa itu secara cepat.
- Jaminan
(assurance), yakni perilaku para karyawan KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS
PROFESSIONAL mampu
menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dan perusahaan bias
menciptakan rasa aman bagi para pelanggannya. Jaminan juga berarti bahwa
para karyawan selalu bersikap sopan dan menguasai pengetahuan dan
keterampilan yang dibutuhkan untuk menangani setiap pertanyaan atau
masalah pelanggan.
- Empati
(empathy), dalam hal ini kami KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS
PROFESSIONAL mencoba memahami masalah para pelanggannya dan berusaha memberikan solusi dari permsalahan yang
ada. serta
memberikan perhatian personal kepada para pelanggan. Dengan ini kami KAZURIE
PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL selalu berusaha untuk berorientasi pada
kepuasan konsumen yang membutuhkan komitmen dan
tindakan nyata dalam memberikan pelayanan prima untuk
meningkatkan kualitas pelayanan dan menfokoskan perhatian terhadap apa pelanggan.
- Bukti
fisik (tangibles), berkenaan dengan daya tarik fasilitas fisik,
perlengkapan, dan material yang digunakan KAZURIE
PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL, serta penampilan
karyawan, kami memiliki beberapa
inventaris dan perlengkapan penunjang usaha jasa ini yakni,
- Kantor/ gedung seluas 7x10m2
- Kamera DSLR 3 buah
- Komputer LCD 2 buah
- Leptop desain 2 buah
- Katalog wedding pothograpy
- 1 set make up
- Ruang studio 3 dimensi
- 1 lusin Seragam kerja karyawan
- Katalok paket jasa desain
grafis dan photografy
Inilah bentuk kwalitas jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL yang setiap waktu selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi
pelanggannya. Semoga kedepannya bisnis ini bisa bersaing dipasar nasional untuk
membuktikan produk hasil karya anak bangsa itu bisa bersaing dan mepunyai nilai
yang tidak kalah dengan produk luar.
BAB XIII
E- MARKETING
Ini tugas blog individu pemasaran
jasa
http://myworldkazurie.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar