Selasa, 09 Juni 2015

BAB I


1.1 LATAR BELAKANG PEMILIHAN USAHA
Dalam dunia bisnis pengetahuan manajemen dan  keuangan sangatlah dibutuhkan dimana itu merupakan "sisi lain" dari sebuah kewirausahaan Di era globalisasi ini, hampir semuanya dimanjakan dengan produk instan dan kemudahan komuniasi lewat sosial media yang bisa dikatakan tanpa batas jarak, ruang dan waktu manusia bisa berinteraksi denagn siapaun dimanapun dan kapanpun.
  Saat ini setiap orang ingin memiliki akses kemudahan dalam pemenuhan kebutuhannya masing masing. Dan pastinya bisa didapatkan secara baik, cepat, tepat, optimal, efektif, efisien dan sempurna pastinya. Sehingga peluang memasarkan dan mengelola masyarakat untuk menjadi target pasar adalah elemen penting dalam mengelola produk JASA, dan hampir setiap pebisnis merasa karyanya atau usahanya adalah kekuatan marketing untuk membuka usaha sehingga bisa menarik pelanggan datang  membeli. Karena point itulah kenapa dibutuhkan seorang ahli dan sarana yang terbaik untuk mewujudkan itu semua, salah satunya adalah dengan jasa fotografi dan desain grafis modern yang akan saya rintis ini.
Disinilah saya melihat peluang emas untuk memulai usaha membuka jasa fotografi untuk membantu setiap orang dalam proses pengabadian kenangan yang mereka miliki dan sekaligus menyediakan jasa desain grafis yang dibutuhkan hampir setiap orang dalam banyak hal seperti desain katu nama, undangan, advertising dan lain sebagainya. Dalam hal ini saya memanfaatan Teknologi dan komunikasi lewat jaringan sosial media yang ada saat ini untuk mendukung kelangsungan usaha yang saya rintis ini.
All about us KAZURIE FOTOGRAFI & PROFESSIONAL DESAIN GRAFIS  adalah sebuah nama yang kami ambil untuk menjadi brand bisnis kami untuk mencoba memulai bisnis dan membuka lapangan kerja dalam bidang fotografi . kazurie fotografi adalah usaha yang akan kami rintis ini, berkosentrasi di sekitar dunia fotografi dan desain grafis serta produksi media cetak sebagai media promosi. Di dalam HIQARI ini kami merangkai semua karakter dan idealisme dalam seni untuk memberikan hasil yang terbaik untuk pelanggan. Terutama dalam bilang jasa kami.
Oleh karena itu diperlukan tenaga ahli dan  team creative yang dapat membantu saya dalam kelancaran kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana, terutama dalam proses vital bagi kelangsungan acara yang di adakan oleh personal/ perusahaan / instansi / lembaga anda. Dengan perkembangan zaman saat ini segala menjadi mungkin salah satunya memanfaatkan Teknologi informasi maka proses tersebut dapat dilakukan dengan lebih cepat. Sehubungan dengan itu menurut saya jasa FOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS  PROFESIONAL yang kami buat khusus untuk memenuhi kebutuhan personal/ perusahaan / instansi / lembaga adalah salah satu bisnis yang berprospek bagus. Dimana usaha ini bisa bekerja sama dengan banyak pihak seperti wedding & event organizer, perusahaan iklan, majalah, koran dan lain sebagainya. 

    1.2 KLASIFIKASI JASA
Produk  jasa yang kami pilih ini jenisnya adalah produk jasa murni dimana hampir seluruhnya berupa jasa yakni fotografi dan desain grafis . Dalam hal ini produk jasa yang kami pilih ini masuk dalam kategori mixed service yakni kombinasi atau gabungan antara pure service dan quasi manufacturing yaitu jasa fotografi dan desain grafis. Jasa ini tergolong dala tingkat kontak menengah (moderat contact).

1.3 KARAKTERISTIK  JASA
Jasa fotografi dan desain grafis yang kami pilih ini memiliki bebrapa karakteristik yang berbeda, dimana setiap jenis produk yang kami sediakan tidak memiliki kesamaan karakteristik. Beberapa karakteristik itu adalah sebagai berikut
·intangibility atau tidak berwujud dimana produk yang disediakan tidak dapat di cium, diraba dirasa di dengar sebelum jasa ini di beli. Poin penting yang terkandung dalam produk jasa kami ini adalah kwalitas dan kepuasan pelayanan serta hasil optimal dari produk.
·Heterogeinity, yakni kwalitas produk dari jasa kami ini tergantung dari kemampuan sumber daya manusia dan unsur lain yang terlibat. Jadi sulit mengukur sejauh mana bagus tidaknya hasil ada.
·Inseparatibility, dimana jasa ini melibatkan konsumen secara langsung dan sangat interaktif.




BAB II
PEMASARAN RELATIONAL DALAM PEMASARAN JASA


NO
KONSEP
FOKUS
ANGGAPAN
1.
PRODUKSI
Menjamin kwalitas dan kepuasan pelayanan dan Menekan biaya operasinal
Dengan jaminan mutu dan kepuasan konsumen merupakan kunci keputusan pembelian dan loyalitas pelanggan.
2.
PRODUK
DIFERENSIASI PRODUK
(teori konsep penjualan phillip kotler)
Tawaran pebisnis terhadap pasar dapat dideferensiasikanmenjadilima dimensi:
1.produk (bentuk, fitur, mutu kerja, mutu kesesuaian terhadap standar atau spesifikasi, daya tahan, keandalan, kemudahan perbaikan, gaya, rancangan),
2. pelayanan (kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, konsultasi pelanggan, pemeliharaan dan perbaikan, pelayanan lain-lain),
3. personalia, saluran pemasaran atau citra (lambang, media, suasana, dan event).
Sehingga perbedaaan itu pentingdilakukan  untuk membangun citra yang  khas, unggul, komunikatif, terhindari dari peniruan, terjangkau harganya, dan menguntungkan.
Dalam konsep deferensiasi jasa kami ini diharapkan bisa menyediakan berbagai pilihan paket jasa yang sesuai dengan budget dan kebutuhan pelanggan entah dalam bidang fotografi maupun desain grafis.

3.
PENJUALAN
EKSPANSI PASAR (membuka cabang baru)
·Membangun jaringan dan bergabung dalam berbagai komunitas
·Membuat brosur dengan disertakan nya gambar contoh , list harga jasa, dan kata-kata yang dapat menarik perhatian pembeli.
·iklan Melalui jejaring social. Seperti Facebook, Twiiter, • Membuat workshop agar customer mengetahui bagaimana jasa yang kita ditawarkandan bisa debeli.

4.
PEMASARAN
KWALITAS &KEPUASAN PELANGGAN
yakni memberikan kepuasan yang diinginkan secara efektif dan efisien di tambah garansi jaminan mutudibandingkan produk  pesaing
Melayani konsumen denganterampil dalam mengelola permintaan, berusaha untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan. Untuk melakukan itukami harusmenghadapi sekelompok keputusan, mulai dari yang besar seperti ciri apa yang seharusnya dimiliki sebuah produkyang berkwalitassampai ke hal yang kecil seperti strategi membership untuk potongan harga, sehingga jasa ini bisa dibingkai secara unik dan menarik hati konsumen untuk mencoba membeli dan bertahan untuk loyal.

5.
PEMASARAN SOSIAL
KESEJAHTERAAN LINGKUNGN DAN KEPUASAN KONSUMEN
Jasa dengan kwalitas bagus dan harga yang bersaing memicu konsumen untuk membeli secara sustainable atau berkelanjutan karena merasa kepuasan dalam pembelian
6.
PELANGGAN
LOYALITAS &PLC
diamana 2 hal ini sangat harus di perhatikan untuk memenuhi kebutuhan individual para pelanggan spesifik dan bertujuan membangun kesetiaan dan nilai selama masa hidup pelanggan.

Dalam hal ini kami diharuskan untuk menyeimbangkan tiga pertimbangan yakni
1. laba/ keuntungan usaha untuk pengembalian modal awal dan biaya operasional perusahaan kedepannya.
2. pemuas keinginankonsumen dengan kwalitas terbaik merupakan poin utama penjualan jasa ini untuk menjaga loyalitas konsumen.
3.  kepentingan publicsama halnya dengan investasi masa depan usaha ini yakni bisa memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan masyarakat. Entah itu  dalam bentuk workshop atau pelatihan dan pembinaan dsb.

            Untuk keberhasilan bisnis jasa ini, kami mencoba konsep pemasaran relasional dimana berfokus menjaga loyalitas pelanggan yang ada guna menciptakan sebuah nilai kerjasama jangka panjang antar pebisnis dan konsumennnya. Yang dimaksudkan dengan menjaga konsumen yang telah loyal ini yakni diharapkan konsumen ini dimasa datang bisa memberitahukan atau menyebarkan hasil jasa kami ini kepada orang lain atau masyarakat lingkungan sekitarnya.  Orientasi bisnis jasa yang kami rintis ini lebih menekankan kepada manfaat jasa yang dibutuhkan konsumen entah itu pemanfaatan dalam bidang bisnis, atau pemanfaatan pribadi. Seperti jasa fotografer wedding event’s, iklan dsb. Produk jasa kami ini bisa dinikmati seumur hidup dengan catatan terawat dengan baik. Tidak ada batas kadaluarsanya akan teetapi bisa terjadi kerusakan jika dilakukan dengan sengaja.
Semua aspek yang terlibat dalam bisnis ini mencurahkan dedikasinya untuk memberikan kwalitas dan kepuasan terhadap pelanggannya. Selain itu kami juga berani memberikan garansi untuk memberikan hasil yang terbaik dari karya produk jasa kami. Dan kami berkomitmen menjadi salah satu agen pelopor jasa fotografi profesioonal bertaraf internasional.
Kami mencoba membangun citra yang baik dengan pelanggan yakni dengan mengadakan pelatihan dan pembinaan serta pameran. Sehingga rasa kekeluargaan tercipta di moment itu. Selain itu kami juga memberikan apresiasi kepada pelanggan tetap dan karyawan yang berkompeten lainnya. Sehingga kami bisa terus mengembangkan bisnis ini dimasa mendatang. Dari kesemua elemen yang ada point utama untuk bisa terus mengembangkan usaha ini adalah menjaga kwalitas produk yang ada dan berusaha menginovasinya serta menjamin kepuasan pelanggan untuk terus memakai jasa kami ini.

BAB III
PERUMUSAN STRATEGI PERUSAHAAN JASA


3.1  VISI  KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL
Menjadikan KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL sebagai media photografi berkonsep modern dengan harga terjangkau berstandar internasional

3.2  MISI KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL
Memberikan pelayanan terbaik dengan harga ekonomis
Meningkatkan kwalitas jasa dengan performa berbeda
Menyediakan berbagai paket pilihan jasa berkwalitas
Menggunakan sarana dan prasarana berbasis tekhnologi modern
Memakai SDM profesional yang terlatih dalam bidangnya

3.3 ANALISIS SWOT JASA PHOTOGRAFI
Strengths :
Studio photografi modern dengan lokasi strategis
Fotografer profesional yang menguasai fotografi dengan baik
Memiliki sarana dan prasarana berteknologi canggih
Best servise yang selalu setia setiap saat
WEAKNESS
Tenaga fotografer kurang dengan permintaan overload sehingga terkadang permintaan konsumen banyak yang di tolak
Masih kekurangan beberaa peralatan pendukung seperti software pengelola gambar  yang sering error
Listrik yang sering mati sekitar lingkungan studio
Opportunities
Masyarakat saat ini cenderung suka akan dokumentasi pribadi, selain itu peluang bisnis semakin besar dari waktu ke waktu.
Banyak proyek dan event yang membutuhkan jasa kami sehingga kami bisa mengembangkan bisnis ini dengan lebih cepat.
TREAT
Persaingan di dunia bisnis fotografi semakin ketat, sehingga permintaan semakin menurun dengan banyaknya pesaing
Perkembangan tekhnologi seperti kamera dan aplikasi atau software yang mudah sehingga bisa dilakukan secara pribadi dan karena itulah jasa kami menjadi tidak terlalu membutuhkan jasa kami.




BAB IV
SEGMENTASI TARGETING & POSITIONING
PEMASARAN JASA


    4.1 SEGMENTASI
Untuk  tahap  awal jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL  ini, kami biasanya  membidik pasar dari segmen pelanggan retail, seperti terima jasa foto studio, wedding, prewedding di lingkungan tempat tinggal, dst,  dimana itu  menjadi  sumber  pendapatan  utama.  Selain itu kami juga menerima order jasa yang  lebih  mapan,  biasanya  kelas foto stok,  foto  model,  foto  wedding  dan  prewed  untuk  digedung  dan kalangan menengah,  dsb. Lokasi usaha dan bidikan market lapangan kami yakni secara geografis berada di kota atau tingkat kabupaten di Jawa Timur. Dalam segi demografi kami menerima semua pemesanan jasa dari segala umur baik kepentingan pribadi maupun perusahaan. Selain itu segi psikologinya meliputi seluruh lapisan masyarakat dari yang muda sampai yang tua bisa memesan jasa photografi kami ini. Sedangkan dalam segi perilaku, kami membidik konsumen dari berbagai komunitas dengan begitu  market kami bisa dikenal dan nikmati hampir semua lapisan masyarakat tanpa kecuali.
Jika ditinjau dari pasar bisnis jasa photografi ini  dlihat dari demografinya jasa kami ini  mempunyai peluang yang potensial dengan bidang industri dan perusahaan dalam hal advertising pengenalan produk produk mereka ke pasar. Pada karakter operasinya  jasa photografi kami ini menerima proyek dadakan yang terkadang sering terjadi dalam berbagai acara. Sehingga jika konsumen pesan jasa kami  hari ini, saat itu juga kami melayaninya. Untuk bisa memperluas pasar kami melakukan pendekatan terhadap konsumen melalui pemberian kritik dan saran melalui sosial media maupun langsung di kotak saran yang kami sediakan di depan kantor. Selain itu kami juga mendengarkan keluhan konsumen akan haasil dari jasa kami apakah kurang atau sudah memenuhi keinginan konsumen. Untuk faktor situasional jika jasa kami ini mengalami overload pesanan jasa maka kami bekerja sama dengan photografer lain untuk memenuhi pesanan tadi guna memberikan pelayanan dan hasil terbak terhadap konnsumen. Jika terdesak atau mengalami kesulitan kami selalu mellakukan evaluasi kerja dalam tim dan juga pihak eksternal yang bekerjasama denagn kami. Sedangkan kakakteristik pribadi tiap konsumen berbeda kami menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan saat itu juga.

     4.2 TARGETING
Disini kami KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL, menggunakan full market coverage dalam menentukan target market product specialization. Tujuan dari segmentasi yang lebih spesifik, adalah agar anda bisa membaca PETA kemampuan anda, dan pasar mana yang COCOK  untuk  digeluti.  Ini  ibarat  sebuah  TARGET  BERGERAK,  karena suatu saat nanti anda akan MELIRIK juga segmen lain yang juga menarik  untuk  di  coba.  Jangan  ragu  untuk  memilih  segmen tertentu,  karena  akan  mempengaruhi  kanal  distribusi,  dan  juga biaya  yang  ditimbulkan  untuk  memelihara  hubungan  dengan pelanggan  anda.  Pilih  yang  baik,  akan  membuat  seluruh sumberdaya  anda  akan  memberikan  daya  ungkit  maksimal terhadap  pencapaian  kinerja  bisnis  anda.

Saluran distribusi, untuk melayani pelanggan.
Memilih  saluran distribusi,  agak  berbeda  dengan  memilih  Vendor, Supplier  atau  Mitra  kerja,  disini kami  membicarakan metode  dan  media  yang  digunakan  untuk  menjawab pertanyaan; "Bagaimana  cara  membeli  Jasa  Fotografi  kami?” kami memilih pendekatan  MARKETING untuk menjawab pertanyaan di atas. Dalam Marketing  ini kami lebih  ditujukan  kepada segmen  pasar  yang  belum  kenal,  belum  tahu  dan  belum  perlu dengan jasa kami, ini  merupakan  satu  rangkaian proses  yang  saling  berhubungan,  dimana  setelah  program marketing  sukses,  akan  dilanjutkan  dengan  program  sales, inilah mengapa banyak  fotografer  suka  PAMER  FOTO  di  facebook,  atau  ikut PAMERAN  DI  MALL,  atau  suka  juga  bagi  bagi  kartu  nama  di berbagai  acara  yang  ramai  di  kunjungi  orang,  suka  hadir  dan meliput acara acara kondangan dan sebagainya, sehingga cara ini lebih efektif dan efisien. Semakin sedikit saluran distribusi, akan semakin sedikit juga  peluang  mendapatkan  ORDER,  semakin  banyak  salurannya, akan  semakin  banyak  juga  peluang  dapat  ORDER, tetapi biaya  yang  timbul  juga  akan  mengikuti  cara  anda  menjual. Pilih biaya yang paling murah namun punya hasil paling efektif. Itu disebut  dengan  biaya  yang  punya  daya  ungkit  tinggi  terhadap kinerja  bisnis.
Kami memilih saluran distribusi yang murah namun efektif alam memasarkan jasa kami ini yakni Facebook, twiter, website-wedding,  website-stok  foto,  website  pribadi  dan  lain sebagainya.  Namun  disini kami dituntut harus  kreatif  melakukan  pemantauan, dan  aktif  "menyapa"  calon-calon  pelanggan dengan  ramah dan santun, supaya mereka selalu "ingat" dengan jasa kami. Selain itu kami juga melakukan Penjualan via media lain, seperti iklan koran, iklan majalah, membuat brosur, membuat  mini-portfolio,  dsb, untuk bisa  menjadi  pelengkap  dan membantu anda untuk mendapatkan pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Langkah ini kami ambil untuk memastikan bahwa media lain ini, cukup murah, dan merupakan salah satu bagian dari proses mendapatkan pelanggan, dimana  tujuan  utamanya  adalah  memastikan  bahwa  pelanggan yang tertarik, bisa menandatangani kontrak SERVICE ORDER. 

     4.3 POSITION
Jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL kami ini  menyediakan dan menawarkan kecepatan layanan, keramahan  layanan,  kualitas  olah  digital,  peralatan  yang mahal,  studio  yang  hebat,  kompentensi  atau  spesialisasi khusus photografi. Dan yang unik dari jasa kami ini adalah adanya Paket Franchise  yang kami sediakan untuk mempercepat pengembangan bisnis ini. Paket francise adalah  kami gunakan untuk strategi pendekatan  konsumen dalam usaha pengembangan bisnis fotografi supaya lebih cepat, murah, dan efektif  dalam  biaya  pemasaran.
Selain keunikan di atas Bisnis fotografi ini bukan cuma aktivitas memotret wedding, prewed,  stok foto, korporat dsb, tapi juga printing, album, desain kreatif, video editing,  photo  editing,  kursus,  seminar,  workshop,  dan juga memberikan pelayanan penjualan  kamera,  asesoriesnya,  perlengkapan  studio  dan berbagai  peluang  bisnis  lainnya. Point utama bisnis jasa ini yakni berusaha memberikan value bagi konsumennya. Maksudnya disini adalah mana yang lebih dulu kami utamakan  pelanggan atau tawaran nilai yang dijual? kami PUNYA APA?? Kalau kami  punya  segalanya, kami  boleh  menentukan  target pelanggan, tapi kalo kami tidak punya apa apa, maka mulailah dengan kemampuan dasar yang ada, dan pilih segmen pasar yang tepat. Contoh: Punya kamera DSLR entry level, second buatan  5  tahun  yang  lalu.  Sudah  pasti  tampilan  anda  akan terlihat  CUPU  di  hadapan  pelanggan  papan  atas.  Tapi  coba saja  berhadapan  dengan  pelanggan  papan  bawah,  pasti kamera  anda  akan  NAIK  KELAS,  seolah  anda  adalah  satu satunya  fotografer  profesional  yang  harganya  paling terjangkau. Innilah yang dimaksud dengan nilai atau tawaran unik sesuia dengan kondisi atau VALUE PREPOSITION.
Sehingga jasa photografi ini Begitu banyak ragam peluang  bisnis pendukungnya,  Seandainya komunitas photografi ini bisa digerakkan ke arah yang lebih strategis, bersatu  padu mengatur harga pasar yang wajar, dan bahkan bisa mendorong harga  pasar  photografi  menjadi lebih ekonomis dan terjangkau masyarakat luas, khususnya  buat  anggotanya,  sehingga kegiatan usaha semacam  ini bisa meninngkatkan kegiatan EKONOMI menjadi lebih efektif.





BAB V
             TINGKATAN PRODUK JASA PHOTOGRAFI


Pada dasarnya produk Jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL yang kami kelola ini termasuk dalam kategori shopping product atau good. Sehingga sebelum membeli mereka sering teliti dalam membandingkan kwalitas, harga maupun jenis produk. Kenapa masuk dalam kategori shopping product atau good, karena produk jasa yang kami sediakan ini menjadialternatif kebutuhan dimana pembelinya jarang membutuhkan jasa kami kecuali dalam event event tertentu sehingga mereka sangat pemilih dalam keputusan pembeliannya. Untuk itu kami memberikan banyak varian paket dengan harga yang berbeda beda serta disetiap paket mempunyai isi yang tidak sama pula. Sehingga  konsumen memiliki banyak pilihan alternatif sesuai kebutuhan yang diinginkan. Kami akan coba membahas produk jasa kami, KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL yang menerapkan konsep 7 P dalam strategi pemasarannya. Pertama tama kami akan menjelaskan tingkatan produk dalam jasa photografi kami ini :
  1. Produk Inti ( Core Product)
KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONALadalah sebuah produk jasa yang memanfaatkanproduk utama mereka berupa jasa photografi dan desain grafis untuk menarik minat pembeli baik dikonsumsi untuk kepentingan pribadi seperti acara pernikahan  atau untuk bisnis seperti perusahaan advertising.
Mengapa harus memilih KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONALsebagai penyedia jasa Photography dan Desain Grafis Professional :
Ø  Harga yang relatif terjangkau dan fleksibel, selain kami menyediakan jasa Photography, Video Shooting dan desain grafis dalam bentuk paket, kami juga memberikan penawaran jasa tersebut menyesuaikan budget dan kebutuhan anda.
Ø  Team kami sudah berpengalaman pada bidang Photography dan Desain grafis dengan berbagai inovasi, ide dan kreativitas di segala kondisi.
Ø  Didukung dengan peralatan lengkap dan terbaik sehingga mampu menghasilkan karya foto dan desain yang keren serta berkualitas.

KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL mempunyai jaringan yang luas sebagai pendukung terciptanya karya yang terbaik yang telah diakui.
B.     Produk Aktual ( Actual Product)
Produk aktual jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL yang kami kelola ini meliputi 5 hal yakni :
Ø  Tingkat kwalitas layanan jasa photografi dan desain. Kami menggunakan layanan jasa berstandar Internasional yang banyak digunakan oleh banyak vendor. Yang kami buat dengan menyesuaikan SOP (Standart Operation Prodedure) budaya kerja di perusahaan, sehingga jasa yang kami sediakan ini  benar-benar layak dan sesuai dengan harapan konsumen dilapangan.
Ø  Fitur atau varian produk. Kami menyediakan Network Based Service yang dimana jasa kami ini dapat diakses oleh siapa saja secara langsung ataupun by online baik menggunakan jaringan WiFi maupun internet seluler. Sehingga memudahkan konsummen dalam hal apapun bentuk jasa photogarfi dan desain yang dibutuhkan, kami hadir dan siap untuk mereka.
Ø  Rancangan produk jasa. Kami sengaja membuat layanan jasa photografi dan desain grafis  secara online maupun offline, sehingga pangsa pasar dan target segmentasion kami lebih banyak dan lebih variatif. Dan point utama jasa kami ini adalah Custom Service Costumer dimana hal ini difokuskan pada penyediaan dan penyesuaian jasa yang dibutuhkan pelanggan sehingga mempermudah segala macam  kegiatan pribadi maupun perusahaan / instansi / lembaga.
Ø  Nama merek,dalam hal ini saya pribadi memilih nama atau merk KAZURIE, sebagai brand jasa kami ini. Kenapa memilih nama ini untuk dijadikan merk? Karena KAZURIE sebenarnya adalah singkatan atau kependekan dari nama lengkap saya yakni ITHA KURNIA ZUNINTA SARI. Alasan lain saya yakni say ingin di setiap usaha yang saya rintis kedepannya merupakan nama anggota keluarga saya. Karena disini selain simple KAZURIE juga gampang di eja dan diingat konsumen.
Ø  Kemasan produk. Kami memilih konsep Best Self Building Service dalam usaha pendekatan terhadap konsumen untuk mengemas produk jasa kami ini. kami berusaha memeberikan yang terbaik pada setiap layanan jasa terhadap semua konsumen, untuk itu kami melibatkan banyak pihak untuk menjamin kepuasan dan kemudahan pelanggan dan dalam setiap event acara yang di pesan kami  sertai dokumentasi yang baik, sehingga apabila ada kesalahan atau keluhan seperti pengeditan ulang foto dsb yang dirasakan  konsumen maka dengan mudah dan cepat kami respon dan selesaikan. Sehingga kepercayaan konsumen terhadap jasa dan layanan kami bertambah dan konsisten.
  1. Produk Tambahan ( Augmented Product)
KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONALmenyediakan layanan CS Support, yang akan bekerja untuk anda, sehingga anda bisa lebih mudah berbisnis dan meluangkan waktu untuk melihat dan mengecek aktifitas usaha dengan tenang. Berikut adalah Job Desk CS Support :
Menjawab Pertanyaan Klien.
Mengirim Invoice / Penagihan.
Penghubung antara klien dengan team KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL, sehingga klien tidak perlu menunggu balasan dari anda.
Support 14 jam / hari kerja ( Sabtu & Minggu Libur).
Penagihan Pembayaran Klien via email dan SMS.

CS Support juga akan senantiasa cepat dan ramah dalam menanggapi pertanyaan, kritik, komplain dan segala informasi yang anda butuhkan. Mengenai tambahan layanan produk jasa kami ini, kami meyediakan beberapa layanan jasa tambahan berupa :
Jasa Konsultan IT
Jasa Pembuatan Website
Jasa Video Shooting
Jasa Sekolah photografi & Desain
jasa pemeliharaan purna jual (CRM),

  1. THE MARKETING MIX
Dengan mengusung strategi pemasaran jasa marketing mix menggunakan konsep 7P dalam usaha kami ini, diharapakkan dapat mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dan menyediakannya di lapangan. 7 elemen yang dimaksud adalah :
Ø  PertamaPRODUKyang merupakan urutan awal isi konsep 7P ini. Untuk itu KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL hadir dengan memberikan pelayanan jasa photografi berbagai event dan desain grafis komersial dengan harga bersaing, kwalitas bagus dan berbagai varian paket yang sangat menarik. Tujuan utama jasa kami iniyakni memberikan dan memudahkan pelanggan dalam usaha pemenuhan kebutuhan mereka. Pastinya memberikan nilai dan manfaat bagi konsumennnya.
Ø  Kedua PROMOTION, KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL melakukan serangkaian promosi produk jasanya melalui 1. Periklanan 2. Promosi penjualan 3. Publishitas hubungan masyarakat 4. Pemasaran langsung. Selain itu berbagai sosial media dan event  di tengah tengan masyarakat dll. Dengan cara ini  diharapkan KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL akan dikenal masyarakat luas dan menarik pelanggan baru dan memotivasi pelanggannya untuk membeli produk jasa kami ini kedepannya.
Ø  Ketiga Place atau Lokasi, dalam pemilihan lokasi kantor KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL mempertimbangkan jangka panjang kelangsungan bisnis ini. Yakni  kami memilih lokasi di tingkat kabupaten yang strategis mudah dijangkau konsumen sehingga mempermudah mereka untuk mengakses jasa kami. Dan pastinya di pinggir jalan yang sering dilewati banyak orang sehingga mereka tahu jasa kami ini.
Ø  Keempat People atau SDM, orang yang bekerja pada kami ini merupakan aset utama kwalitas jasa photografi ini. Dalam hal ini karyawan maupun karyawati berhadapan langsung dengan konsumen dan berada di depan (frontliner) serta yang pihak yang melakukan direct selling dengan konsumen. Kami memilih pegawai yang berdedikasi tinggi berattitude baik mempunyai motovasi diri dan disiplin waktu dalam kinerjanya. Sehingga elemen yang dimiliki pegawai inilah yang menjadi icon dalam usaha pemuasaan konsumen dan loyalitasnya.
Ø  Kelima Process, cara yang kami gunakan dalam proses peningkatan kinerja karyawan PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL adalah membuka dan menutup kantor usaha tepat waktu yakni pukul 08.00 -21.00 wib. Kami menerapkan sistem kekeluargaan antar pegawai tidak ada perbedaan status sosial baik atasan maupun bawahan. Selalu mengucapkan terima kasih dan senyuman dalam setiap pelayanan terhadap pelanggan. Cepat, tanggap dalam menerima tugas maupun pesanan. Kami juga memberikan layanan diskon bagi pelanggan yang mengorder jasa kami dalam proyek besar. Selain itu kami menyediakan jasa konsultasi desain grafis secara Cuma Cuma.
Ø  Keenam Price atau Harga, dalam hal ini penetapan harga merupakan suatu hal yang penting karena dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya yang dikeluarkan sertapenentu posisi sasaran, ragam produk, pelayanan, serta persaingan. Dalam hal ini KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL memilih untuk menjual produk jasanya dengan harga ekonomis sehingga dapat dijangkau masyarakat.

Harga standart umum atau konsumsi pribadi
Harga paket  1 Rp 2.000.000
Harga paket  2  Rp  3.000.000
Harga paket  3  Rp  5.000.000
Harga standart untuk bisnis atau  proyek
Harga paket  PREMIUM  Rp  30.000.000
Harga paket  GOLD         Rp  50.000.000
Harga paket SILVER       Rp  100.000.000
Selain paketan harga di atas kami juga menjual ecer atau retail jasa kami, dengan harga dan jenis jasa yang berbeda pastinya.

Ø  Ketujuh Physical Environment atau lingkungan fisik, bukti nyata dan yang menjadi salah satu karakteristik serta menjadi nilai tambah dari konsumenKAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL adalah bentuk bangunan dengan desain interior yang unik dipadukan dengan desain grafity pada sebagian kecil tembok dalam ruangan dan ruangan dengan cat minimalis dan elegan pastinya. Dengan tambahan fasilitas full music dan AC, sehingga pelanggan bisa menunggu hasil jasanya dengan santai, nyaman dan senang. Dan ruang studio yang rapi, bersih dan tata ruang yang unik dan berbeda pastinya.




BAB VI
STRATEGI DISTRIBUSI JASA

6.1 SALURAN DISTRIBUSI
Jenis saluran distribusi yang dipakai oleh KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL kami ini yakni, saluran “distribusi langsung”. Disini kami  akan menjelaskan kenapa kami menggunakan metode distribusi langsung ini. Pertama tama saya akan menjelaskan  "Bagaimana  cara  membeli  Jasa  Fotografi dan desain kami ini. Untuk bisa lebih dekat dengan pelanggan kami memilih pendekatan  MARKETING dalam distribusi langsung produk jasa kami ini.
Dalam Marketing  ini kami lebih tujukan  kepada segmen  pasar  yang  belum  kenal,  belum  tahu  dan  mereka sebenernya perlu dengan jasa kami, yakni dengan menyediakan berbagai macam catalog paket produk jasa kami dan contoh dokumentasi dari event atau acara acara ang telah kami tangani, sehigga ini menjadikan salah satu daya tarik untuk mengenalkan  KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL kami  ini ke halayak luas. Sehingga dengan saluran langsung ini kami bisa berhadapan langsung dengan konsumen dan mengetahui jasa apa yang dibutuhkan dan sesuai kemampuan mereka untuk membelinya. Selain itu metode ini merupakan  satu  rangkaian proses  yang  saling  berhubungan,  dimana  setelah  program marketing  sukses,  akan  dilanjutkan  dengan  program  direct salling dengan tujuan utama mendapatkan umpan balik berupa pemesanan order jasa atau kontrak pembelian jasa sesuai dengan paket yang diinginkan. Sehingga kami sebisa mungkin memberikan respon cepat untuk memberikan layanan jasa ini. Inilah tujuan utama KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL memilih saluran langsung produk jasanya yakni mendapatkan umpan balik dari konsumen untuk pengorderan jasa tentunya.
Kami memilih saluran distribusi langsung ini karena metode ini yang menurut kami paling efektif dan efisien karena kami tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk kegiatan promosi,  selain itu kami juga memanfaatkan sosial media gratis seperti dengan memasarkan jasa kami ini lewat sosial media. Inilah mengapa banyak  fotografer  suka  PAMER  FOTO  di sosial media seperti Facebook, twiter, website-wedding,  website-stok  foto,  website  pribadi  dan  lain sebagainya dan ikut berbagai event pameran di mall, suka  juga  bagi  bagi  kartu  nama serta menyediakan booth booth atau stand di setiap lantai mall di berbagai  acara  yang  ramai  dikunjungi  banyak orang untuk mempromosikan jasa ini, sehingga cara ini diharapkan dapat menarik pelanggan untuk membeli.
 Namun  disini kami dituntut harus  kreatif  melakukan  pemantauan, dan  aktif  "menyapa"  calon-calon  pelanggan dengan  ramah dan santun, supaya mereka selalu "ingat" dengan jasa kami. Selain itu kami juga melakukan Penjualan via media lain selain lewat sosial media seperti iklan koran, iklan majalah, membuat brosur, membuat  mini-portfolio,  dsb, untuk bisa  menjadi  pelengkap  dan membantu anda untuk mendapatkan pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Langkah ini kami ambil untuk memastikan bahwa media lain ini, dpat memberikan nilai tambah dalam proses promotion produk kami dan pastinya cukup murah, dalam usaha pengenalan produk untuk mendapatkan pelanggan, dimana  tujuan  utamanya  adalah  memastikan  bahwa  pelanggan dapat tertarik dan bisa menandatangani kontrak SERVICE ORDER jasa photografi dan desain kami ini.
 Dengan memilih saluran distribusi langsung ini diharapkan KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL bisa memberikan banyak akses kemudahan bagi pelanggannya untuk bisa melakukan order jasa ini. Kemudahan akses itu meliputi banyak hal seperti kemudahan pelayanan, kepuasan jasa, jaminan kwalitas produk, dan harga terjangkau. Sehingga proses pendistribusian jasa kami ini bisa dirasakan dan di nikmati bnyak orang. 





BAB VII
STRATEGI PENETAPAN HARGA


            Sebagai salah satu variabel bauran pemasaran, selain produk, distribusi, dan promosi, harga juga mempunyai peranan yang sangat penting bagi pemasar untuk menjangkau pasar sasaran atau untuk menarik pembeli. Persoalan yang komplek selalu dihadapi oleh pemasar dalam upaya menetapkan harga untuk produknya. Kita akan melihat bahwa kekomplekan dan pentingnya penetapan harga ini memerlukan suatu pendekatan yang sistematis, yang melibatkan penetapan tujuan dan pengembangan suatu truktur penetapan harga yang tepat.
Harga adalah sejumlah uang dan/atau seuatu yang lain beserta faedahnya yang dibutuhkan untuk mendapatkan suatu produk ( Etzel, Walker, and Stanton, 1997, h. 274). Dengan kata lain harga itu merupakan apa yang kita bayarkan untuk mendapatkan sesuatu.
Ada beberapa keputusan menyangkut penentuan harga, termasuk harga ntertentu yang diberikan kepada masing-masing produk atau jasa yang dipasarkan. Tetapi harga itu juga dapat ditentukan oleh pembeli yang membeli produk atau jasa perusahaan. Perusahaan jjuga harus mengambiln keputusan tentang perlu/tidaknya memberikan potongan untuk pembayaran yang lebih awal. Jika perusahaan mengambil kebijakan untuk memberikan potongan tunai maka perlu ditentukan kapan seorang pembeli akan menerima potongan tunai dan berapa besar jumlah potongannya. Sekarang, dalm kondisi persaingan yang semakin keat, perusahaan-perusahaan melakukan perubaha, yaitu meningkatkan efesiensi cara produksinya dan menekan biayan. Semuan ini ditunjukan untuk menekan harga supaya mendapatkan posisi yang baik dalam persaingan.
Dalam hal penetapan harga, KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL sangat tergantung dari harga pokoknya, namun yang terpenting adalah faktor KEUNTUNGAN yang kami harapkan. Makin besar faktor UNTUNG yang diharapkan, makin tinggi harganya.  Berapa sih keuntungan yang diharapkan? 10%, 50%, atau bahkan 100%? Kalo saya ingin sukses, tentu saja saya harus mampu menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin. Disini maksud kami  adalah mengambil keuntungan dengan maksimal kewajaran yang pantas kami dapatkan karena membantu klien mendapatkan apa yang diharapkan,dari sebuah proses panjang. Kami juga memberikan Diskon, atau Bonus, untuk menarik minat pembeli, dengan garis bawah jangan sampai mengorbankan Keuntungan yang diharapkan.
            KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL menggunakan metode Penetapan Harga Biaya Plus (Cost Push Pricing Method).
Kenapa kami memilih cara ini ? Karena Dengan metode ini, harga jual per unit ditentukan dengan menghitung jumlah seluruh biaya per unit ditambah jumlah tertentu untuk menutupi laba yang dikehendaki pada unit tersebut (disebut margin).
Dengan demikian, harga jual produk dapat dihitung dengan rumus:
BIAYA TOTAL + MARGIN = HARGA JUAL
            Sekarang kita akan membahas mengenai struktur harga pokok dari jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL ini, dimana :
·      creation fee = ongkos ide + ongkos desain + dan ongkos lain yang relevan, tapi belum termasuk keuntungan yang diharapkan.
·      Harga pokok = penyusutan alat + out of pocket expenses + ongkos cetak + sewa wardrobe + biaya lain yang relevan.
·      Biaya Administrasi = sewa kantor, listrik telepon, dan gaji karyawan.
·      Biaya lain-lain = biaya yang tidak termasuk dalam kelompok tersebut diatas, tapi masih dikeluarkan dalam kegiatan operasi anda. Contoh; biaya bunga bank, biaya iklan, dan biaya biaya tidak langsung lainnya.
Perlu di catat, bahwa semua komponen harga tersebut, tidak mudah untuk dihitung dalam satuan proyek, atau unit tertentu. Dengan kata lain, pembebanan harga pokok perlu metode perhitungan yang rumit, dan semua itu hanya bisa dilakukan jika kita punya catatan yang rinci mengenai semua transaksi kita. Jika catatan kita lengkap maka kita bisa membuat model harga pokok dengan membuat;
·      standar pembebanan biaya tetap langsung seperti : beban penyusutan alat per klik, per projek atau per hari
·      standar pembebanan biaya variabel langsung, seperti : sewa studio, sewa wardrobe, sewa fotografer freelance, sewa asisten dsb.
·      standar pembebanan biaya tidak langsung lainnya, seperti : sewa kantor, listrik, telepon dsb.
            Jika semua hitungan standar tersebut sudah dihitung, maka tinggal menerapkannya dalam PRICE LIST yang kita tawarkan kepada klien jika mereka NAWAR secara rinci, baru deh kita keluarkan detilnya, sehingga mereka disadarkan bahwa harga yang kita tawarkan adalah harga WAJAR dan bukan harga yang diambil dari LANGIT. Pada proses tawar-menawar, pemahaman dan pengetahuan tentang harga pokok ini sangat penting, karena membuat kita lebih profesional dan tampil percaya diri. Terutama dalam melakukan penyesuaian diri dengan harga baru yang diminta klien, dimana elemen-elemen harga pokok tadi bisa dipisahkan dan dikeluarkan dari tanggungan kita, dan bisa menjadi beban klien, sepanjang klien memang lebih suka untuk itu. Contoh: Biaya akomodasi fotografer dan tim, ketika ada penugasan ke luar kota; biaya sewa tempat; biaya sewa alat; biaya sewa wardrobe; dsb... itu tandanya anda punya klien yang baik hati, dan ingin membantu anda bersusah payah mengerjakan proyek ini. Anda harus berterimakasih untuk klien seperti ini.
Ini salah satu harga yang kami tetapkan di pasar :
Harga standart umum atau konsumsi pribadi
Harga paket  1 Rp 2.000.000
Harga paket  2  Rp  3.000.000
Harga paket  3  Rp  5.000.000
Harga standart untuk bisnis atau  proyek
Harga paket  PREMIUM  Rp  30.000.000
Harga paket  GOLD         Rp  50.000.000
Harga paket SILVER       Rp  100.000.000
Selain paketan harga di atas kami juga menjual ecer atau retail jasa kami, dengan harga dan jenis jasa yang berbeda pastinya.





BAB VIII
STRATEGI PROMOSI JASA


            Dalam hal ini kami memakai strategi :
a)      Periklanan ( advertising), kami lakukan lewat jejaring sosial facebook,blog, twitter, bbm dan lain sebagainya. Selan itu kami juga mencetak pamflet dan brosure untuk bisa lebih dikenal masyarakat.
b)      personal selling, dalam strategi ini kami mencoba menawarkan produk ini secara langsung kepada pelanggan dilapangan melalui beberapa event wedding organier dan pameran photograpy lainnya.
c)      direct marketing, strategi ini kami pilih untuk menarik minat pelanggan dimana jika memakai jasa kami beberapa paket maka kami beri potongan harga khusus.
d)     word of mouth, strategi ini kami pilih karena memiliki efektifitas dn efisiensi yang tinggi karena secara tidak langsung orang yang meybarkan berita darimulut ke mulut relatif gampang menyebar apalagi bagi mereka ynag sudah meraskan jasa kami dan puas pasti itu juga erdampak pada berita atau kabar yang akan disampaikan kepada orang lain. Sejalan dengan itu mereka menjadi testimoni langsung untuk orang lain. 






BAB IX
STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
(MSDM)


9.1 Struktur Organisasi KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL
Struktur organisasi merupakan sebuah wadah atau kerangka kerja vertikal dan horisontal yang relatif stabil dan formal serta saling terkait diantara jabatan-jabatan yang dimiliki organisasi. Atau dengan kata lain bisa digambarkan sebagai pola hubungan antar anggota organisasi, tugas-tugas yang harus dijalankan oleh mereka, struktur-struktur satu sama lain saling bergantungan, aktifitas organisasi harus direncanakan, diorganisasikan, diarahkan, dikendalikan demi mencapai tujuan organisasi.
Dalam hal ini KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL membentuk struktur organisasi untuk menunjang aktivitas operasional perusahaan dan untuk mencapai tujuan.
Skema 10.1  Struktur organisasi Humanika Creative Design

JOB DISCRIPTION
Ø Managing Director : pimpinan merupakan struktur organisasi perusahaan manufaktur yang tertinggi.Bagian ini merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap segala bentuk operasional atau berjalannya roda perusahaan.
Tugas Direktur/pimpinan adalah sebagai berikut:
  1. Memimpin seluruh dewan atau komite eksekutif
  2. Menawarkan visi dan imajinasi di tingkat tertinggi
  3. Memimpin rapat umum, dalam hal: untuk memastikan pelaksanaan tata-tertib; keadilan dan kesempatan bagi semua untuk berkontribusi secara tepat;menyesuaikan alokasi waktu per item masalah; menentukan urutan agenda; mengarahkan diskusi ke arah konsensus; menjelaskan dan menyimpulkan tindakan dan kebijakan
  4. Bertindak sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar
  5. Memainkan bagian terkemuka dalam menentukan komposisi dari board dan sub-komite, sehingga tercapainya keselarasan dan efektivitas.
  6. Mengambil keputusan sebagaimana didelegasikan oleh bawahannya atau pada situasi tertentu yang dianggap perlu, yang diputuskan, dalam meeting-meeting di perusahaannya.
Syarat Direct Manager :
a)             Memiliki jiwa kepemimpinan dan tegas dalam mengambil keputusan.
b)             Berpengalaman dalam mengelola media cetak.
c)             Menguasai bahasa asing.
d)             Berpendidikan minimal S1.
e)             Memiliki relasi yang luas baik di kalangan swasta maupun pemerintah.
f)              Memiliki integritas terhadap pekerjaan.
g)             Menguasai teknis dan dasar photografi dan desain grafis.

Ø Account Manager : Bagian struktur organisasi perusahaan manufaktur yang satu ini mempunyai tanggung jawab terhadap keuangan untuk operasional perusahaan. Tugasnya adalah mengatur menejemen keuangan mulai dari belanja rutin untuk proses produksi dan keperluan perusahaan yang lain.
Tugas bagian keuangan adalah sebagai berikut:
  1. Mengkoordinasikan pengendalian kegiatan Akuntansi Manajemen, Keuangan, dan Sistem Informasi Keuangan.
  2. Melakukan analisis terhadap laporan keuangan dan laporan akuntansi manajemen perusahaan.
  3. Melaksanakan pengendalian dan pengawasan bidang keuangan sesuai dengan target yang ditentukan.
  4. Mengkoordinasikan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).
  5. Mengusulkan sistem dan prosedur akuntansi dan keuangan yang memadai untuk  pengembangan sistem informasi akuntansi & keuangan dan bentuk-bentuk pelaporan.
  6. Mengevaluasi dan menyampaikan laporan keuangan (neraca, laporan laba/rugi, laporan arus kas) yang auditable secara berkala beserta perinciannya (bulanan, triwulan maupun akhir tahun) sesuai dengan kebijakan akuntansi kepada Direksi.
Ø Production Manager & HUMAS Tujuh puluh persen dari kegiatan seorang bagiann produksi dan humas berhubungan dengan tulis menulis diantaranya adalah:
a)             Merancang pesan tematik agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/ keterkaitan pesan.
b)             Melakukan segmentasi media, dimana seorang humas harus mampu memformulasikan keseimbangan saling dukung  antara media cetak dan online.
c)             Menjaga reputasi organisasi melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan atau kombinasinya.
d)             Mengoptimalkan promosi berita terbaru melalui berbagai Social Media dan Social Bookmark (Facebook, twitter, digg,  dll).
e)             Bertanggung jawab keluar dan ke dalam atas segala aktivitasnya sebagai divisi penunjang produktivitas bidang  keredaksian dengan melakukankoordinasi dengan Pemimpin Redaksi, Kepala Deputi atau perwakilan dan Divisi  Keuangan dan Iklan dapat melakukan perekrutan personil untuk tugas-tugas dibidang tata usaha.
f)              Mempunyai hubungan luas dibidang bisnis lainnya / lobi dan kemitraan dalam bidang usaha untuk melaksanakan  kegiatan perusahaan pers dan penerbitan.
g)             Bertugas menyebarluaskan Media massa yakni dalam bidang pemasaran (Marketing) atau penjualan. Bagian ini  merupakan bagian komersial meliputi sirkulasi / distribusi iklan dan promosi.
h)             Bertanggung jawab kepada Pemimpin Perusahaan.

Ø Tugas utama dari bagian produksi dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan perusahaan secara umum adalah berusaha mencapai biaya produksi yang rendah, mutu produk yang tinggi, tanggapan yang cepat atas permintaan, dan fleksibilitas untuk membuat inovasi terhadap produk brownis salak dengan selera dan spesifikasi pelanggan
Divisi Produksi dengan tugas dan fungsi sebagai berikut:    
        1.      Menyusun program jangka pendek dan jangka panjang produk perusahaan. 
        2.      Menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk proses produksi.
        3.      Melakukan proses produksi yang merubah suatu bahan baku menjadi produk jadi yang siap           untuk dipasarkan.
     4.    Melakukan pengevaluasian apakah barang hasil produksi perusahaan  sudah sesuai dengan standart kualitas yang telah ditentukan atau sesuai dengan pemesanan konsumen.

Syarat Manager Humas & Produksi :
a)             Berpendidikan S1 Ekonomi
b)             Berminat pada bidang photografi & Desain Grafis
c)             Menguasai computer.
d)             Menguasai teknik  dan dasar photografi & desain grafis.
e)             Siap bekerja dalam tim.
f)              Siap bekerja di bawah tekanan.
g)             Dapat bekerja memenuhi dead line

Ø Traffic & Sales Support: Meskipun tidak ikut dalam proses produksi, namun bagian dari struktur organisasi perusahaan manufaktur seperti Zalacca BrownSnake ini juga Divisi pemasaran mempunyai pengaruh besar terhadap kemajuan perusahaan.karena dari bagian inilah hasil produksi perusahaan bisa dijual dan dipasarkan.
Fungsi bagian pemasaran adalah untuk memasarkan hasil produk-produk yang telah di produksi untuk para konsumen dan mempunyai tugas, yaitu:
a. Mengidentifikasi dan memahami keinginan pelanggan dalam segmen pasar
b. Mengumpulkan keterangan mengenai kinerja produk
c. Membuat inovasi-inovasi baru
d. Mengukur citra perusahaan dan kepuasaan pelanggan secara continue.
        Creatives/ Lay- Outer : kelompok desainer yang bertugas membuat segala bentuk kreativitas desain. .     Petugas Creatives/ Lay- Outer :
a)             Merancang cover atau kulit muka.
b)             Membuat dummy atau nomor contoh sebelum produk di cetak dan dijual ke pasar.
c)             Mendesain dan melay out setiap halaman dengan naskah, foto, dan angka-angka.
d)             Mengatur peruntukan halaman untuk naskah.
e)              Menulis judul berita,anak judul, caption foto, nama penulis pada setiap naskah.
f)              Menulis nomor halaman, nama rubrik/desk, nomor volume terbit, hari terbit, dan tanggal terbit pada setiap edisi.
Syarat Lay-Outer.
a)             Menguasai Machintos, Freehand, Photoshop, corel Draw.
b)             Memiliki jiwa seni.
c)             Mampu bekerja sama dalam tim.
d)             Menguasai berbagai tipe dan jenis huruf.

  Ø Fotografer
Fotografer  atau juru potret tugasnya mengambil gambar peristiwa atau objek tertentu yang bernilai . Jika tugas wartawan tulis menghasilkan karya jurnalisik berupa tulisan berita, opini, atau feature, maka fotografer menghasilkan gambar atau Foto. Fotografer menyampaikan informasi atau pesan melalui gambar yang ia potret. Fungsi foto antara lain menginformasikan (to inform), meyakinkan (to persuade), dan menghibur (to entertain).
Adapun tugas seorang fotografer secara lebih terinci adalah sebagai berikut:
a)             Menjalankan tugas pemotretan yang diberikan redaktur atau atasannya.
b)             Melakukan pemotretan sumber berita, suasana acara, aktivitas suatu objek, lokasi kejadian, gedung, dan benda-  benda lain.
c)             Mengusulkan konsep desain untuk cover majalah.
d)             Menyediakan foto-foto untuk mendukung naskah, artikel, dan berita.
e)             Mengarsip foto-foto, filem negatif, atau compact disk bagi kamera digital.
f)              Melaporkan setiap kegiatan pemotretan kepada atasan.
g)             Mempertanggungjawabkan setiap penggunaan filem negatif, baterai, atau compact disk yang telah digunakan  kepada perusahaan
Syarat Fotografer:
a)             Mengerti dan menguasai teknik fotografi manual, otomatis, digital.
b)             Mengerti dan menguasai teknik pengambilan gambar: pencahayaan, komposisi, warna.
c)             Mengerti dan menguasai teknik mencetak foto.
d)             Mengerti penggunaan scanner.
e)             Mengerti arsip.





BAB X
STRATEGI PROSES


     10.1 Prosedur Operasional
       Untuk tahap awal jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL  kami  membidik pasar dari berbagai segmen, mulai dari pelanggan retail, seperti terima jasa foto studio, wedding, prewedding di lingkungan tempat tinggal, dst,  dimana itu  menjadi  sumber  pendapatan  utama.
Langkah kedua, Untuk bisa memberikan daya tarik dan kepuasan pada pelanggan KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL mencoba melakukan pendekatan terhadap konsumen dan selektif dalam Memilih  saluran distribusi, dan itu agak  berbeda  dengan  memilih  Vendor, Supplier  atau  Mitra  kerja,  disini kami  membicarakan metode  dan  media  yang  digunakan sebagai penunjang sarana komunikasi sehingga produk jasa kami ini bisa sampai di tangan konsumen.U ntuk bisa mengkomunikasikan jasa kami ini secara unik. Menurut Belch (2009) proses komunikasi dimulai dari perusahaan sebagai sumber informasi (source) berusaha untuk menyampaikan pesan (message) tentang produk atau pun jasa. Adapun pesan yang ingin disampaikan telah dirancang dengan sedemikian rupadan di sampaikan melalui berbagai macam bentuk media komunikasi (channel) seperti majalah, televisi, radio dan internet, hingga akhirnya pesan tersebut  dapat diterima oleh target audience (receiver). Receiver kemudian akan memberikan feedback atau respon kembali ke perusahaan atas informasi yang telah diterima. Feedback ini menjadi dasar  perusahaan sebagai alat ukur pencapaian tujuan komunikasi, dan juga dapat menjadi pendorong target audience untuk melakukan action terhadap pesan tersebut.
Langah ketiganya yakni, mendistribusikan produk jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL untuk bisa sampai di tangan konsumen dengan cara pendekatan  MARKETING. Dalam pendekatan Marketing  ini kami lebih  tujukan  kepada segmen  pasar  yang  belum  kenal,  belum  tahu  dan  belum  perlu dengan jasa kami. Sehingga ini  merupakan  satu  rangkaian proses  yang  saling  berhubungan,  dimana  setelah  program marketing  sukses,  akan  dilanjutkan  dengan  program  sales, inilah mengapa banyak  fotografer  kami suka  PAMER  FOTO  di  facebook,  atau  ikut PAMERAN  DI  MALL,  atau  suka  juga  bagi  bagi  kartu  nama  di berbagai  acara  yang  ramai  di  kunjungi  orang,  suka  hadir  dan meliput acara acara kondangan dan sebagainya, sehingga cara ini lebih efektif dan efisien. Semakin sedikit saluran distribusi, akan semakin sedikit juga  peluang  mendapatkan  ORDER,  semakin  banyak  salurannya, akan  semakin  banyak  juga  peluang  dapat  ORDER.
Inilah proses operasional jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL yang kami kelola sehingga jasa ini bisa sampai pada konsumen yang telah kami targetkan.





BAB XI
STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
(PHYSICAL ENVIRONMENT)


Salah satu karakteristik yang menjadi daya tarik dari konsumen KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL adalah bentuk bangunan dengan desain interior yang unik dipadukan dengan desain grafity pada sebagian kecil tembok dalam ruangan dan ruangan dengan cat minimalis dan elegan pastinya. Dengan tambahan fasilitas full music dan AC, sehingga pelanggan bisa menunggu hasil jasanya dengan santai, nyaman dan senang. Dan ruang studio yang rapi, bersih dan tata ruang yang unik dan berbeda pastinya. Kelengkapan inventaris photografi yang dimiliki ditata secara rapi pada rak yang didesain dengan sedemikian rupa sehingga pelanggan bisa menikmati keindahan tata ruang yang senagaja dibuat untuk mencipatakan sebuah seni ruangan kantor.
Diharapkan kesengajaan desain yang disediakan ini mampu memberikan nilai tambah dan daya tarik pada konsumen setianya dan calon konsumen. Dengan memperhatikan hal-hal kecil sepeti itu, nantinya akan berdampak besar pada audience ketika menangkap informasi atau pesan yang disampaikan dengan mudah, cepat dan jelas. Intinya, desainer yang baik mampu menggabungkan fungsi estetis dengan fungsi komunikasi.





BAB XII
MANAJEMEN KWALITAS JASA


  1. Reliabilitas (rebility), berkaitan dengan ini kami KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL mencoba  memberikan layanan yang prima dan akurat dari pertama kali proses pemesanan sampai hasil akhir jasa ini tanpa membuat kesalahan apapun dan menyampaikan jasanya sesuai dengan waktu yang disepakati.
  2.  Daya tanggap (responssiveness), berkenaan dengan kesediaan dan kemampuan para karyawan KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL untuk membantu para pelanggan dan merespons permintaan mereka, serta menginformasikan kapan jasa akan diberikan sesuai kebutuan pelanggan dan kemudian memberikan jasa itu secara cepat.
  3. Jaminan (assurance), yakni perilaku para karyawan KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL mampu menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dan perusahaan bias menciptakan rasa aman bagi para pelanggannya. Jaminan juga berarti bahwa para karyawan selalu bersikap sopan dan menguasai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menangani setiap pertanyaan atau masalah pelanggan.
  4. Empati (empathy), dalam hal ini kami KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL mencoba memahami masalah para pelanggannya dan berusaha memberikan solusi dari permsalahan yang ada. serta memberikan perhatian personal kepada para pelanggan. Dengan ini kami KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL selalu berusaha untuk berorientasi pada kepuasan konsumen yang membutuhkan komitmen dan tindakan nyata dalam memberikan pelayanan prima untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menfokoskan perhatian terhadap apa pelanggan.
  5. Bukti fisik (tangibles), berkenaan dengan daya tarik fasilitas fisik, perlengkapan, dan material yang digunakan KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL, serta penampilan karyawan, kami memiliki beberapa inventaris dan perlengkapan penunjang usaha jasa ini yakni,
    1. Kantor/ gedung seluas 7x10m2
    2. Kamera DSLR 3 buah
    3. Komputer LCD 2 buah
    4. Leptop desain 2 buah
    5. Katalog wedding pothograpy
    6. 1 set make up
    7. Ruang studio 3 dimensi
    8. 1 lusin Seragam kerja karyawan
    9. Katalok paket jasa desain grafis dan photografy
Inilah bentuk kwalitas jasa KAZURIE PHOTOGRAFI & DESAIN GRAFIS PROFESSIONAL yang setiap waktu selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Semoga kedepannya bisnis ini bisa bersaing dipasar nasional untuk membuktikan produk hasil karya anak bangsa itu bisa bersaing dan mepunyai nilai yang tidak kalah dengan produk luar.




BAB XIII
E- MARKETING


Ini tugas blog individu pemasaran jasa
http://myworldkazurie.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar